Kisah Luhut Belajar kepada Gus Dur

Sekolah Kepemimpinan Gus Dur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Andrianjara

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merupakan sosok pemimpin fenomenal yang memiliki visi kebangsaan luar biasa. Sebagai mantan presiden, menurut Luhut, Gus Dur banyak menjadi panutan berbagai kalangan.

Muhaimin Usulkan NU dan Muhammadiyah Raih Nobel Perdamaian 2022

"Gus Dur itu selalu bicara tentang persatuan Indonesia. Kenapa sampai sekarang orang selalu ingat sosok beliau, karena aspek kepemimpinan dan teladannya kepada semua orang, tidak peduli siapa pun itu," kata Luhut, dalam pembukaan Sekolah Kepemimpinan Gus Dur di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017.

Luhut mengakui, ia banyak belajar dari cara kepemimpinan Gus Dur mulai dari bagaimana berhubungan dengan sesama manusia, maupun bagaimana melihat negara. Menurutnya, hal ini perlu dijadikan sebagai modal bagi seluruh kader PKB, untuk memperbaiki langkah sesuai dengan ajaran yang dicontohkan Gus Dur semasa hidupnya.

Dukung Cak Imin Maju Capres, Cina Benteng: Murid Ideologis Gus Dur

"PKB sekarang sebagai partai yang makin menonjol kemampuannya, ini jadi modal untuk menjadikan PKB lebih hebat ke depannya," ujar Luhut. 

Sementara Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, mengungkapkan sosok Gus Dur sangat memegang teguh prinsip kesejahteraan dan keadilan, yang tidak pernah berhenti dari denyut nadi Gus Dur.

Jelang Harlah 1 Abad NU, Anwar Ibrahim Kenang Sosok Gus Dur

"Salah satu perangkat keberhasilan Gus Dur adalah prinsip dasar ketauhidan yang menjadikan agama sebagai suatu spirit, kemudian keadilan, persatuan dan kebersamaan yang terus dipegang hingga akhir hayat," ujar Muhaimin.

Melalui Sekolah Kepemimpinan Gus Dur yang diikuti oleh sekitar 150 peserta ini, diharapkan dapat membuat seluruh kader memahami teori dan teologis gerakan Gus Dur, yang telah menjadi bukti dalam menyatukan kebhinekaan Indonesia. Dalam acara peluncuran Sekolah Kepemimpinan Gus Dur ini, juga turut dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. (one)
 

Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

9 Omongan Nyeleneh Mantan Presiden Gus Dur yang Jadi Kenyataan

Nama mantan Presiden RI Gus Dur akan selalu dikenang sepanjang masa. Bahkan, sosok Gus Dur tersebut masih sering dibicarakan oleh banyak orang.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022