Ketua MPR: Gubernur Tak Boleh Main Gusur Warga

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dokumen MPR RI

VIVA.co.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan, mengatakan, setiap kepala daerah dalam membuat kebijakan tidak boleh sewenang-wenang terhadap rakyatnya, apalagi menggusur.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Jadi, Pak Bupati tidak boleh sewenang-wenang. Pak Gubernur tidak boleh sewenang-wenang main gusur. Mentang-mentang sudah jadi Gubernur sombong. Rakyat miskin digusur. Yang kaya enggak diapa-apakan," ujar Zulkifli saat sosialiasi empat pilar kebangsaan di Ponpes Cintawana, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin 10 April 2017.

Zulkifli memberikan contoh dan panutan yang harus ditiru oleh Bupati dan Gubernur sekarang ini yakni sikap dari mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. 

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Jokowi, kata dia, menggunakan cara-cara musyawarah dengan warga untuk melakukan penertiban pasar. Dengan mengajak bicara secara terbuka dan duduk bersama untuk bermusyawarah, akhirnya Jokowi berhasil membujuk warga pindah ke tempat lain yang sudah disediakan pemerintah.

"Seperti Pak Jokowi Presiden kita. Kalau mau menata pasar, rakyatnya didatangi. Diajak makan, diajak ngobrol, lama-lama mau. Ketemu lagi, diajak makan, ngobrol. Enggak ada masalah. Itu namanya musyawarah mufakat," ujarnya.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024
Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022