Panut Mulyono Jadi Rektor UGM

Rektor baru UGM Panut Mulyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono akhirnya terpilih menjadi Rektor UGM untuk 2017-2022 setelah dalam putaran ketiga unggul dengan 15 suara sementara 10 suara diperoleh kandidat Ali Agus yang merupakan Dekan Fakultas Peternakan UGM.

Marhan Harahap Diseret hingga Meninggal, Jenderal Mulyono 'Buang' Pangkat Bintang 4

Sebelum melakukan pemilihan rektor dengan tiga putaran, tiga kandidat rektor yaitu Dekan Fisipol Erwan Agus Purwanto, Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono dan Dekan Fakultas Peternakan Ali Agus. Masing-masing calon rektor menyampaikan visi misi dan program kerjanya di depan 19 orang anggota Majelis Wali Amanat atau MWA.

Dari 19 anggota MWA tersebut terdapat tiga menteri di kabinet kerja Jokowi-Jk di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Selain itu hadir pula Rektor UGM Dwikorita dan Sri Sultan HB X dan beberapa perwakilan UGM.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Pemilihan rektor UGM diselenggarakan di Balai Senat UGM dipimpin langsung oleh Mensesneg Pratikno yang merupakan Ketua MWA UGM dan mantan Rektor UGM tersebut pada Senin, 17 April 2017.

Pada putaran pertama pemilihan berlangsung dengan hasil Ali Agus mendapatkan 7 suara, Erwan Agus Purwanto mendapatkan 7 suara dan Panut Mulyono mendapatkan 11 suara.  

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Putaran kedua dilakukan untuk menggugurkan satu calon rektor. Dalam pemilihan ini Ali Agus mendapatkan 13 suara dan Erwan Agus Purwanto mendapatkan 12 suara.

Di putaran ketiga, terpilih dua nama yaitu Ali Agus dan Panut Mulyono. Pemilihan akhirnya dimenangkan oleh Panut Mulyono yang mendapatkan 15 suara sedangkan Ali Agus mendapatkan 10 suara.

Rektor UGM terpilih, Panut Mulyono mengatakan bersyukur mendapatkan amanah untuk memimpin UGM. Panut menyampaikan bahwa dirinya akan melakukan pembenahan dan akan meningkatkan SDM di UGM.

"Pembenahan nantinya UGM bisa masuk 500 perguruan terbaik di dunia sesuai keinginan pemerintah," kata Panut di Yogyakarta.

Panut menyatakan UGM juga akan meningkatkan penelitian-penelitian yang memiliki kontribusi kepada rakyat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya