Evakuasi 5 Jam, Belasan Warga Terjebak Eceng Gondok Selamat

Ilustrasi danau,
Sumber :
  • Antara/ Syamsul Huda M Suhari

VIVA.co.id – Sebanyak 17 orang warga Desa Wawalentoan Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara berhasil diselamatkan oleh Badan SAR Nasional usai terjebak oleh kumpulan tanaman Eceng Gondok di Pulau Likri di kawasan Danau Tondano.

MURI Catat Rekor Pohon Natal Raksasa dari Eceng Gondok di Taman Saloka Theme Park Semarang

Selama hampir lima jam, petugas pun terpaksa memindahkan satu persatu belasan warga yang sedang bertamasya ke pulau dengan perahu tersebut.

Frangky Raung, salah seorang korban menyebutkan, awalnya keberangkatan mereka pada Senin siang ke Pulau Likri tidak ada kendala apa pun dengan perahu.

Sungai Batanghari Jambi Tercemar Sampah dan Eceng Gondok

Namun ketika hendak pulang, kapal mereka terjebak di Eceng Gondok yang sudah terbawa arus Danau Tondano. Akibatnya perahu tidak bisa bergerak sama sekali.

"Ada lima laki-laki dan 12 perempuan yang ikut. Lima jam kami baru bisa diselamatkan dari perahu yang terjebak," kata Frangky, Selasa dinihari, 18 April 2017.

Eceng Gondok Tutupi Permukaan Sungai Bengawan Solo Sepanjang 5 KM Dibersihkan Relawan

Proses penyelamatan korban Eceng Gondok ini, diakui memang cukup dramatis. Sebab petugas juga kesulitan untuk menembus kumpulan Eceng Gondok yang memenuhi perairan.

Hingga akhirnya menggunakan mobil ampibi untuk menembus Eceng Gondok. Baru kemudian satu persatu dievakuasi ke daratan. "Seluruh korban selesai dievakuasi pada pukul 03.00 dinihari tadi," kata Kasi Ops Basarnas Manado Steven Lumowa.

Marwan Dias Aswan/Minahasa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya