Saingi Ikon Singapura, Palembang Punya Ikan Belido

Desain pembangungan patung ikan Belido di Palembang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Aji YK Putra

VIVA.co.id – Kota Palembang, Sumatera Selatan kini tak hanya dikenal dengan Jembatan Ampera sebagai ikon kota tertua di Indonesia tersebut. Ya, pemerintah setempat dalam waktu dekat akan membangun tugu ikan Belido, layaknya negara Singapura yang memiliki ikon Merlion Singapura.

Pembangunan tugu ikan Belido didirikan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) yang berada persis di samping Jembatan Ampera. Diperkirakan pembangunan tugu ini rampung sebelum Lebaran.

Angin Puting Beliung Terjang Musi Rawas Utara, 58 Rumah Rusak

Dipilihnya ikan Belido sebagai ikon baru di Palembang, setelah sebelumnya menjalani proses cukup panjang bersama para seniman. Setelah disepakati, ikan Belido merupakan ciri khas salah satu ikan yang hanya ada di perairan Sungai Musi.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pembangunan tugu ikan Belido saat ini telah mencapai proses pembangunan 57 persen. Pengerjaannya sudah memasang rangka dasar.

Pengedar Yang Ditangkap di Sumsel Kaki Tangan Bandar Besar

"Patungnya masih dikerjakan di Boyolali, sekarang di sini masih memasang rangka. Kalau di Singapura ada tugu Singa di Merlion Park, Palembang ada tugu ikan Belido yang juga menyemprotkan air sepanjang 50 meter sebagai ikon kota," kata Harnojoyo, Sabtu 29 April 2017.

Harnojoyo menambahkan, dengan dibangunnya tugu ikan Belido tempat wisata Palembang akan bertambah. Selama ini, wisata religi ada di Kampung Arab dan wisata malam di pedestrian di sepanjang Jalan Sudirman layaknya di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

9 Lokasi di Sumsel Berlakukan Tilang Elektronik Mulai 1 Februari

"Targetnya wisatawan luar menjadi betah jika berkunjung ke Palembang. Sudah banyak tempat wisata baru yang kami buat, seperti wisata religi Kampung Arab dan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman. Ini juga sebagai persiapan Asian Games 2018, sebab banyak yang datang ke sini," ujarnya.

Manajer Proyek Pembangunan Tugu Belido, Alfin ketika dikonfirmasi menjelaskan, saat ini sedang pengerjaan pengecoran pelat bawah dan atas. Nantinya akan dilanjutkan dengan pemasangan listrik.

"Setelah itu bisa langsung kami pasang patung belidonya yang juga hampir selesai, sedang dikerjakan oleh seniman khusus di Boyolali. Bahannya dari tembaga dilapisi perak, dan sebelum Lebaran nanti sudah berada di Palembang dan langsung dipasang. Target Agustus sudah selesai," kata dia.

Mahasiswa dan milenial tergabung dalam Ganjar Milenial Sumatera Selatan (Sumsel)

Cara Mahasiswa-Milenial Sumsel Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Ratusan mahasiswa dan milenial yang tergabung dalam Ganjar Milenial Sumsel deklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pronowo jadi presiden 2024.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022