Cak Budi Beli Fortuner dari Uang Donasi Dipanggil Mensos

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Cak Budi, relawan penggalang donasi sosial melalui Instagram yang membeli mobil Fortuner dan Iphone 7 menjadi viral di media sosial. Diketahui, Cak Budi mengaku membeli mobil dan handphone tersebut dari uang donasi.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa angkat bicara mengenai kasus ini. Khofifah bahkan memanggil langsung Cak Budi untuk meminta klarifikasinya.

"Nanti siang akan ada pertemuan dengan Cak Budi dan semuanya di kantor Kemensos. Ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang sudah donasi," ujar Khofifah di acara Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Kamis, 4 Mei 2017.

Diduga Tak Transparan Dana Sumbangan Masjid Daegu, Daud Kim Siap Dihukum Jika Terbukti Salah

Khofifah menjelaskan, dengan munculnya kasus tersebut, diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk semua warga. Dia mengaku sulit mengawasi penggalangan dana terutama yang melalui media sosial seperti Cak Budi.

"Sangat sulit diawasi (di medsos). Kita kembali saja ke regulasi yang ada, lebih baik disumbangkan ke organisasi sosial yang sudah terverifikasi Kemensos dan jangan melalui rekening pribadi," kata dia.

Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia  era Gus Dur ini berharap, dengan adanya kasus Cak Budi, relawan penggalang dana dengan rekening pribadi lainnya bisa mengurus administrasi agar bisa terdaftar di Kementerian sosial.

Klarifikasi Cak Budi

Dalam klarifikasinya di akun Instagram @cakbudi_, dia menegaskan beberapa hal. Cak Budi mengakui selain menggalang dana donasi lewat platform online Kitabisa.com, dia juga menggalang dana melalui rekening pribadi. 

Cak Budi mengakui memang menggunakan uang donasi untuk membeli iPhone 7 dengan ditukar handphone lama miliknya. Menurutnya iPhone 7 dipakai untuk mengambil foto dan video penerima donasi. Cak Budi juga mengakui memakai dana donasi untuk membeli mobil Fortuner. Alasannya, mobil itu diperlukan untuk mengakses area pedalaman dan area penerima donasi yang berjarak jauh. 

"Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area-area pedalaman dan tidak Cak Budi gunakan untuk urusan pribadi," tulis akun tersebut.

Setelah mendapat protes soal pembelian iPhone 7 dan mobil Fortuner, Cak Budi mengumumkan akan menjual segera aset tersebut dan hasil penjualannya akan diserahkan sepenuhnya ke lembaga amal nasional seperti Dompet Dhuafa atau Aksi Cepat Tanggap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya