SBMPTN Diperpanjang Hingga 9 Mei

Menristek Dikti M Nasir tinjau SBMPTN di UI
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri memperpanjang waktu pendaftaran SBMPTN 2017. Pendaftaran yang awalnya ditutup pada 5 Mei lalu diperpanjang hingga 9 Mei 2017.

Tak Lolos SBMPTN 2021, Ketua LTMPT: Bisa Daftar Jalur Mandiri

Menurut Menteri Riset Tekonologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, perpanjangan waktu pendaftaran SBMPTN dilakukan dengan alasan pemerataan. Hal itu untuk mengakomodir calon-calon mahasiswa dari daerah 3T atau Terdepan, Terluar dan Tertinggal. 

"Banyak daerah yang belum terakses. Maka ada waktu tambahan untuk menjaring mereka-mereka yang punya potensi untuk masuk di perguruan tinggi negeri, " kata Nasir di Semarang, Sabtu 6 Mei 2017.

6.212 Peserta SBMPTN Lolos di USU dan Unimed

Ia menyatakan, masyarakat bisa memanfaatkan waktu perpanjangan itu, utamanya bagi calon mahasiswa daerah-daerah yang hendak masuk di perguruan tinggi negeri. 

Sejak perpanjangan pendaftaran itu, Nasir menyebut sudah banyak penambahan pendaftar baru. Namun, ia tidak menyebut persis jumlahnya. 

Unnes Terima 3.873 Peserta yang Lolos SBMPTN 2021

"Sudah ada tambahan. Nanti tanggal 16 Mei sudah ada pelaksanaan ujian SBMPTN. Tanggal 17 Mei adalah ujian praktiknya, " ujarnya.

Sekadar informasi, pendaftaran SBMPTN dibuka pada 11 April lalu. Panitia seleksi memberikan dua jenis tes, yakni ujian Paper Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT).

Berdasarkan informasi dari laman resmi SBMPTN 2017, terdapat dua jenis ujian, yakni ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya