Satu Napi Kabur Rutan Pekanbaru Ditangkap gara-gara Tato

Rutan Sialang Bungkuk di Pekanbaru, Riau, setelah ratusan tahanan di sana melarikan diri pada Jumat, 5 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar

VIVA.co.id - Seorang narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk di Pekanbaru, Riau, berhasil ditangkap lagi. Narapidana itu diketahui bernama Samindar (33 tahun), warga Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

800 Telepon Genggam Disita dari Sel Napi Lapas Salemba

Samindar dibekuk aparat Kepolisian Sektor Mandau di Jalan Lintas Sumatera, Kota Duri, Bengkalis, Riau, pada Sabtu malam. Saat itu dia sedang menumpang bus dan hendak melarikan diri ke kampung halamannya Rantauprapat.

Awalnya, aparat Kepolisian setempat menggelar razia dan memeriksa satu per satu kendaraan yang melintas di sana. Razia memang untuk menjaring lagi ratusan tahanan dan narapidana yang kabur dari rutan itu yang diperkirakan keluar wilayah Riau melalui Jalan Lintas Sumatera.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Saat polisi memeriksa satu per satu penumpang sebuah bus, aparat mendapati seorang penuh tato di tubuhnya dan gelagatnya mencurigakan. Polisi kemudian menangkap dan menginterogasi Samindar dan barulah dipastikan dia adalah satu di antara 447 narapidana/tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk.

Samindar mengaku ikut bersama ratusan napi yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk kemudian memisahkan diri dari yang lain dan menumpang taksi menuju perbatasan untuk melanjutkan naik bus antarkota antarpropinsi tujuan Medan, Sumtera Utara. Namun dia tertangkap dalam razia di jalan di Kota Duri, Bengkalis.

Kerusuhan di Rutan Bima, Belasan Napi Kabur

Kepala Polsek Mandau, Komisaris Polisi Ricky Ricardo, mengatakan bahwa Samindar masih ditahan di Markas Polsek setempat. Dia perlu berkoordinasi dulu dengan Kepala Rutan Sialang Bungkuk dan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Riau untuk penyerahan Samindar.

Selain razia di jalan dengan memeriksa setiap kendaraan yang melintas, kelengkapan surat kendaraan juga menjadi prioritas. Razia masih berlangsung hingga Minggu pagi Kabupaten Bengkali adalah wilayah rawan pelarian, terutama di Jalan Lintas Sumatera.

Hingga kini sudah 219 tahanan/narapidana yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk yang ditangkap lagi. Diperkirakan masih ada ratusan tahanan/narapidana lain yang masih dalam pelarian dan diburu aparat Kepolisian Daerah Riau.

Dedi Eka Putra/Bengkalis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya