Usai Diperiksa KPK, Ini Kata Imam Besar Istiqlal

Imam Besar Masjid Iqtiqlal yang juga Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pengadaan Alquran dan korupsi pengadaan laboratorium komputer di Kementerian Agama. Nasarudin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fahd El Fouz alias Fahd A. Rafiq.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Usai diperiksa, mantan Wakil Menteri Agama itu mengaku ditanya penyidik terkait perjalanan atau proses pengadaan Alquran dan labotarium komputer di Kemenag yang merugikan negara miliaran rupiah tersebut. Kepada awak media, Nasarudin mengaku tidak paham perkara korupsi yang menyeret namanya.

"Dimintai juga pendapat tentang saudara Fahd. Pada waktu itu saya sudah menjadi Wamen (Wakil Menteri Agama, red). Jadi saya sudah tidak tahu-menahu banyak," ujar Nasaruddin, di gedung KPK, Senin, 15 Mei 2017. Sebelumnya, Nasaruddin pernah menjabat sebagai Dirjen Bimas Islam.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Nama Nasaruddin sendiri sempat mencuat dalam persidangan mantan anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar Zulkarnaen Djabar dan anaknya Dendy Prasetya, serta mantan pejabat Kemenag, Ahmad Jauhari. Kini ketiganya telah mendapat hukum tetap pada perkaranya.

Selain Nasaruddin, para saksi dari swasta hari ini telah penuhi panggilan KPK di antaranya, Syamsu Rachman, Agus Sugianto, Wahab, dan Vasco Ruseimy.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

Keempat orang ini juga sudah tak asing dengan KPK, lantaran kerap diperiksa ketika lembaga antirasuah itu mengusut anggota Komisi VIII DPR, Zulkarnain Djabar dan anaknya, Dendi Prasetya, dalam kasus serupa.

Sebelumnya, Fahd El Fouz dijerat kasus dugaan suap penggiringan anggaran pengadaan Alquran di DPR RI dan dugaan korupsi pengadaan laboratorium komputer di Kementerian Agama tahun anggaran 2011-2012. (ase)

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024