Cegah Ransomware Wannacry, Semarang Putuskan Akses Internet

Tampilan komputer yang telah diserang oleh virus Ransomware Wannacry. Virus ini menyukai menyerang perangkat komputer berbasis Windows.
Sumber :
  • VIVA.co.id/lemsaneg.go.id

VIVA.co.id – Seluruh rumah sakit di Kota Semarang menonaktifkan jaringan internet mereka, Senin, 15 Mei 2017. Langkah ini sebagai antisipasi serangan virus komputer Ransomware Wannacry yang kini menggejala secara global.

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

"Jangan sampai virus itu (Ransomware) mengganggu layanan Smart City yang sukses dilakukan di Semarang," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Pemutusan sambungan internet ini telah dilakukan sejak pukul 00.00 hingga pukul 03.00. Selama rentang waktu itu, seluruh data disalin ulang melalui komputer dengan operasi sitem Linux.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

Menurut Hendrar, di Semarang memang telah menerapkan sistem kota pintar, Smart City. Karena itu antisipasi terhadap serangan Ransomware Wannacry memang menjadi prioritas.

Instruksi Proteksi Data

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah memastikan instruksi bersama untuk mengantisipasi serangan Ransomware Wannacry ke seluruh pejabat daerah di Jawa Tengah.

"Minimal memproteksi dan mengamankan data yang ada. Aksi itu yang penting harus dikontrol terus menerus," kata Ganjar di Demak, Senin, 15 Mei 2017.

Sejauh ini, seluruh Dinas Komunikasi dan Informasi di Jawa Tengah telah diberikan surat edaran waspada. Sehingga upaya pencegahan serangan Ransomware dapat diminimalisir.

Terkait dengan minimnya ketersediaan ahli informasi dan teknologi, Ganjar menyarankan agar seluruh pihak dapat bekerja sama dengan seluruh lembaga.

Seperti perguruan tinggi hingga perusahaan telekomunikasi di seluruh Indonesia. "Harus cari tahu ahlinya. Kejar sampai orang terpintar di Indonesia," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya