Pemerintah Akan Buka Rekrutmen PNS

Menteri PAN-RB Asman Abnur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka penerimaan bagi calon pegawai negeri sipil dalam waktu dekat.

Pemerintah Beri Penghargaan ke PNS Kesehatan yang Wafat Lawan Corona

Perekrutan tersebut akan menyesuaikan kebutuhan dengan teknis keahlian yang harus dikejar dalam tahun ini. Upaya itu untuk menambal kekurangan pegawai yang berada di sejumlah instansi lantaran semakin banyak beban kerja.

"Sekarang kita fokus di bidang kesehatan, pendidikan, dan bidang khusus. Seperti kemarin kan kita sudah buka untuk hakim dan imigrasi," kata Menpan-RB Asman Abnur di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Pemerintah Terbitkan Aturan Jam Kerja Bagi ASN Selama Ramadan

Meski demikian, Asman menegaskan, penerimaan bagi aparatur sipil negara tidak berlaku bagi pegawai yang sifatnya administratif. Hal itu berdasarkan masih berlakunya moratorium atau penghentian sementara penerimaan PNS yang pernah dikeluarkan pemerintah pada 2014.

"Kalau yang sifatnya administratif, kita masih moratorium. Karena tenaga administratif kita masih mendominasi," ujarnya.

Kemenpan-RB: ASN Bukan Libur, Tapi Bekerja di Rumah

Menurut Asman, rekrutmen PNS yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini dikhususkan pelayanan imigrasi, penjaga lembaga pemasyarakatan, dan hakim.

Meski tak menyebut jumlah penerimaan bagi kedua lembaga tersebut, politikus PAN ini berencana akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung mengenai kebutuhan pegawai.

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kemenpan-RB Perpanjang Waktu ASN Kerja di Rumah Hingga 29 Mei 2020

Edaran itu menyesuaikan keputusan kepala gugus tugas Covid-19.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2020