Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 06:44 WIB
  • Kisah Unik Remaja Bernama Alhamdulillah

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Kisah Unik Remaja Bernama Alhamdulillah
Photo :
Alhamdulillah bersama ayah dan ibunya.

VIVA.co.id – Doa pasangan suami istri, Sholeh dan Yuyun Purnamasari, terkabul. Anak pertama mereka lahir dengan jenis kelamin laki-laki pada 5 Mei 2004. Sejak itu usaha pasangan suami istri ini cukup lancar.

Sholeh masih ingat. Awal menikah, dia masih mengontrak sebuah rumah di kawasan Sidotopo, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, untuk ditinggali bersama istrinya. Sebagai pekerja seni yang aktif di komunitas teater, penghasilannya tidak menentu.

"Saya main teater belajar otodidak. Awal menikah, saya kurangi dan melukis kanvas," kata Sholeh di rumahnya Jalan Kapas Gading Madya IIID, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 18 Mei 2017. 

Saat masih pengantin baru, Sholeh berharap dikarunia anak pertama laki-laki. Istrinya, Yuyun, juga memiliki keinginan sama. Doa bersambut, Tuhan mengkarunia bayi laki-laki kepada pasangan suami-istri seniman itu. "Saya langsung ucapkan Alhamdulillah," katanya.

Sejak lahir, sang ibu tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya, karena alasan medis. Jadilah susu formula sebagai pengganti. 

"Begitu lahir, lukisan kanvas saya banyak yang beli. Ketika susu formula untuk bayi saya habis, ada saja yang mencari lukisan dan membeli. Ya, sudah, Alhamdulillah," ujar Sholeh.

Beberapa hari kemudian, Sholeh berdiskusi dengan istrinya soal nama yang akan disematkan kepada bayi pertama mereka. Terbesit di pikiran Sholeh kata 'Alhamdulillah', yang sering dia dan istri ucapkan saat bayinya lahir dan berbagai rezeki yang diperoleh. "Akhirnya sepakat, jadilah nama anak saya, Alhamdulillah Lanang Anakku," kata Sholeh.

Sholeh mengaku nama itu sempat ditentang ibu dan beberapa saudaranya. Alasannya, nama 'Alhamdulillah Lanang Anakku' terlalu abot menurut weton orang Jawa. "Tapi saya niatnya bagus saja, rasa bersyukur kepada Allah. Ya, sudah, bismillah nama anak saya, ya, itu sampai sekarang," katanya.

Selain Elak (E...Lanang Anakku), panggilan Alhamdulillah Lanang Anakku, Sholeh juga memberi nama untuk kedua putrinya dengan nama unik ketika diucap dan didengarkan. Anak keduanya dia beri nama Salsabila Putri Alam Raya, lahir tahun 2006. Sedangkan putri terakhir bernama Putri Faza Khatulistiwa.

Kini, Elak sudah besar dan mau lulus dari sekolah dasar. Satu hal yang paling disadari Sholeh dan Yuyun, anak baginya adalah karunia dari Allah yang justru jadi penopang hidupnya. "Kudu disadari, anak iku ngrejekeni (anak itu membawa rezekinya sendiri-sendiri). Karenanya saya selalu bersyukur, Alhamdulillah," ucapnya.