Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 07:50 WIB
  • Khofifah dan Saifullah Hanya Saling Senyum saat Berjumpa

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Khofifah dan Saifullah Hanya Saling Senyum saat Berjumpa
Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Saifullah Yusuf (kanan).

VIVA.co.id - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghadiri Haul Imtihan Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani di Pesantren Al-Qodiri di Kecamatan Patran, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Kamis malam, 18 Mei 2017. Canda dan kejadian menarik berkaitan Pilkada Jawa Timur muncul di forum itu.

Khofifah tiba di kediaman Pengasuh Pesantren Al-Qodiri, Ahmad Muzakki Syah, sekira pukul 20.00 WIB. Di sana, selain para habib, ulama, dan beberapa pejabat negara, sudah hadir pula Ketua Umum MPW Pemuda Pancasila yang juga mantan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

Khofifah dan La Nyalla sempat berbincang di ruang tamu yang terpisah dari ruangan para tamu lain. Bersama keduanya ikut mendampingi, Bupati Jember, Faida. Khofifah bersama tamu lain lalu menuju panggung haul yang berjarak sekira 300 meter dari rumah Kiai Muzakki.

Sekira satu jam mengikuti acara, Khofifah lalu kembali ke kediaman pengasuh. Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu menyusuri jalan kecil di antara ribuan jemaah yang hadir. Hal yang menarik, selagi berjalan, hadir Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, berjalan menuju panggung di jalan yang sama. Keduanya berpapasan.

Papasan dua sosok yang kini tengah disorot publik Jatim itu menjadi momen menarik. Sebab, Gus Ipul adalah rival politik Khofifah dalam dua kali Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun 2008 dan 2013. Di dua kontestasi politik itu, Gus Ipul mencalonkan sebagai wakil gubernur mendampingi Soekarwo. Sementara Khofifah calon gubernur. Gus Ipul menang dan Khofifah kalah.

Kala berpapasan, Khofifah langsung menyunggingkan senyum ke arah Gus Ipul sambil mengangkat tangan pola bertapa, gaya salaman muslimah kepada pria non-muhrim. Gus Ipul menyambut sapa-senyum Khofifah dengan ucapan salam. Semua yang melihat momen langka itu tertawa kecil.

Pada Pilkada Jatim 2018, Khofifah dikabarkan bakal maju lagi sebagai calon gubernur. Tetapi dia belum menyampaikan maju setiap ditanya soal itu. Gus Ipul juga akan maju sebagai kandidat gubernur. Dia bahkan terang-terangan soal niatnya mencalonkan sebagai kandidat gubernur Jatim.

Sang tuan rumah yang punya hajat, Kiai Muzakki, memberikan panggung kepada Khofifah maupun Gus Ipul untuk menyampaikan sambutan di sela-sela zikir dan ceramah agama. Khofifah menyampaikan soal kekuatan majelis pengajian agama dan Salawat Nabi untuk mencegah perpecahan bangsa.

"Ibu Khofifah ini Bu Nyai yang jadi menteri," kata Kiai Muzakki. Dia memuji alumnus Universitas Airlangga itu sebagai sosok wanita yang tidak pernah lelah mengabdi kepada negara. "Mari kita doakan kalau maju, beliau dikabulkan menjadi Gubernur Jawa Timur." (ase)