Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 10:42 WIB
  • Khofifah Didoakan Ulama dan Santri Maju Pilkada Jatim

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Khofifah Didoakan Ulama dan Santri Maju Pilkada Jatim
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

VIVA.co.id - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, hadir dalam acara Haul Imtihan Manaqib Syaikh Abdul Qadir Jailani di Pesantren Al-Qodiri, Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Kamis malam, 18 Mei 2017. Di acara zikir dan selawat bersama itu, Khofifah didoakan jadi gubernur Jatim jika jadi maju di Pemilihan Kepala Daerah 2018.

Ajakan doa untuk kesuksesan Khofifah itu diserukan Pengasuh Pesantren Al-Qodiri, Ahmad Muzakki Syah, saat menyampaikan sepatah kata selaku tuan rumah sekaligus pimpinan jemaah zikir Al-Qodiri. "Ibu Khofifah ini Bu Nyai yang jadi menteri," kata Muzakki dengan nada santai.

Dia mengatakan, Khofifah sosok yang cekatan dalam mengerjakan tugas yang dia emban. Hampir tidak ada waktu santai bagi ketua umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu. "Pagi saya telepon, ternyata sudah ada di Kalimantan. Beberapa jam lagi saya telepon sudah ada di Jakarta. Wuss...wuss, Bu Nyai Khofifah ini," ujar Muzakki.

Dia lantas meminta kiai, ulama, para habib, dan ribuan jemaah yang hadir agar mendoakan Khofifah selalu dikaruniai kesehatan. "Mari doakan Khofifah jadi gubernur Jawa Timur nanti," kata Muzakki.

Di acara itu, hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, rival politik Khofifah dalam dua kali Pilkada Jatim sebelumnya. Gus Ipul juga dikabarkan akan maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jatim 2018. Keduanya sempat berpapasan di lokasi acara dalam waktu amat singkat.

Sosok lain yang tampak di lokasi acara ialah La Nyalla Mattalitti, ketua umum MPW Pemuda Pancasila. Melalui Partai Patriot, La Nyalla adalah pendukung Khofifah pada Pilkada Jatim 2008. Acara dipuncaki ceramah agama oleh Habib Muhdlor bin Munammad Al-Hamid.

Khofifah tidak memberikan komentar tentang doa untuknya. Gus Ipul belum bisa dimintai tanggapan. La Nyalla menolak diminta keterangan soal dukungannya di Pilkada Jatim nanti, kendati sebelum ke lokasi acara sempat bertemu dengan Khofifah di kediaman Kiai Muzakki. "Saya enggak ikut-ikutan pilgub," katanya.

Ditemui di lokasi sama, Ketua Forum Kiai Kampung Jawa Timur, Fahrur Rozi, berharap Khofifah maju sebagai kandidat gubernur Jatim. Dia datang ke Jakarta beberapa hari lalu, menyampaikan surat permintaan agar Presiden Joko Widodo mengizinkan Khofifah berkontestasi di Pilkada Jatim.

"Kiai kampung mendorong (Khofifah) untuk maju sebagai cagub (calon gubernur). Kami akan dukung sampai beliau jadi gubernur," kata Fahrur.