NU dan Muhammadiyah: Indonesia Bukan Negara Agama

Pertemuan NU dan Muhammadiyah, Jumat, 19 Mei 2017.
Sumber :
  • Twitter Nahdlatul Ulama

VIVA.co.id – Dua organisasi umat Islam terbesar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, sepakat menyatakan Indonesia merupakan negara kebangsaan. Atas pernyataan ini, NU dan Muhammadiyah akan bersikap tegas kepada pihak mana saja yang mengatasnamakan agama dan suku untuk mengusik NKRI. 

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

"NU dan Muhammadiyah sudah sepakat, Indonesia bukan negara agama, bukan negara suku. Tapi kebangsaan. Kita sikapi tegas yang terpikir mengubah dasar negara," kata Ketua Umum Pengurus Besar NU, Said Aqil Siradj di acara Halaqah Kebangsaan NU dan Muhammadiyah di Perpustakaan NU, Gedung PBNU, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2017.

Menurut Said Aqil, tindakan pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dilakukan pemerintah, merupakan salah satu langkah penanggulangan terhadap semakin meluasnya pemahaman anti NKRI.

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Said Aqil mengatakan, dengan adanya pertemuan antara NU dan Muhammadiyah ini, bisa menjadi gambaran bagi umat Islam untuk kembali bersatu. Memegang teguh Pancasila dan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa.

"Pertemuan ini tidak ada pamrih, mari umat Islam bersatu kembali, pilkada sudah selesai," ucap Said Aqil.

Menteri Muhadjir: Idul Fitri Tahun Ini Hampir Bisa Dipastikan Jatuh pada 10 April

Sementara itu, menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, paham anti NKRI begitu mudah masuk ke Indonesia, karena beberapa hal. Seperti keterbukaan di era informasi dan kedekatan emosional antara Palestina dan Indonesia.

"Secara historis, kedekatan sangat kuat, Indonesia dengan Arab, Palestina. Konflik di Palestina akan dapat berbagai resonansi di sini. Apalagi kalau ada yang terbunuh di Palestina, demo besar-besar," kata Mu'ti.

Gus Iqdam

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Muhammad Iqdam, atau yang akrab disapa Gus Iqdam, adalah seorang pendakwah muda Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini tengah naik daun. Lahir di Blitar, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024