Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 20 Mei 2017 | 15:58 WIB
  • Mantan Menteri Diusung PKB di Pilgub Jawa Barat

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Adi Suparman (Bandung)
Mantan Menteri Diusung PKB di Pilgub Jawa Barat
Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
Helmy Faishal Zaini.

VIVA.co.id – Mantan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal Helmy Faishal Zaini dicalonkan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Ia sebelumnya menjabat sebagai menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu II di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menjelaskan, untuk posisi calon gubernur dan wakil gubernur akan diputuskan setelah ada kesepakatan komunikasi dengan partai-partai tingkat DPD Jawa Barat.

"Kami siapkan calon alternatif Helmi Faishal Zaini di Pilgub Jabar. Kita sodorkan apakah dia gubernur atau wakil gubernur. Kita lagi melakukan pembicaraan dengan partai-partai yang ada di Jawa Barat," kata Muhaimin, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 20 Mei 2017.

Namun, PKB juga melancarkan komunikasi dengan figur-figur mainstream, yaitu Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Dengan Dedi Mulyadi sudah berkomunikasi tapi belum putus. Dengan Ridwan Kamil juga tetap penjajakan. Kalau sama Dedy Mizwar juga sudah," tuturnya. Ia menegaskan, figur yang layak didukung PKB harus mempunyai kualitas berpengalaman dalam mengelola manajemen pemerintah daerah.

Tak hanya itu, figur tersebut juga harus berkomitmen kuat melanjutkan program pembangunan di Tanah Sunda. "Kalau kriteria spesifik dari PKB, ya, punya komitmen memajukan umat Islam di Jabar," ungkap Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin.