Cak Imin: Energi Alquran Bisa Obati Masyarakat yang Terpecah

Nusantara Mengaji
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Mantan Menteri Tenaga Kerja yang juga penggagas Gerakan Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar, mengadakan kegiatan “Seribu Khataman Alquran”, yang digelar bersama-sama dalam acara Bandung Lautan Mengaji. Menurut dia, kegiatan ini merupakan upaya untuk menyatukan energi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai persoalan masyarakat.

Muhaimin Pimpin Gerakan Mengaji di Bandung

Cicit pendiri NU yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan, Indonesia sebagai negara besar memiliki banyak kekayaan sumber daya alam. Bahkan, rakyatnya pun terkenal ramah dan baik. 

Namun, dari sekian lama kerja keras yang telah dilakukan, hasilnya dirasa belum maksimal. Bahkan kini masyarakat, kata dia, cenderung tersulut perpecahan dan mudah terhasut untuk dipecahbelah.

Gerakan Nusantara Mengaji Pecahkan Rekor MURI

"Karena itu, kita rajut kembali dengan menyatukan energi Alquran. keseriusan khataman bersama ini membantu kekurangan kerja keras kita dan akan mendapat hasil yang lebih maksimal," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu 21 Mei 2017. 

Cak Imin menilai energi dari kegiatan tersebut bisa menyambungkan energi usaha keras bangsa Indonesia, dari tingkat pemerintahan paling atas sampai paling bawah.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Sementara itu, Ketua Korwil Nusantara Mengaji Jawa Barat, Cucun Ahmad Syamsurijal, menuturkan kegiatan Bandung Lautan Mengaji bisa menjadi upaya merajut kembali berbagai gesekan dan keretakan di masyarakat melalui silaturahmi. 

"Ini ikhtiar kita karena sebentar lagi bulan Ramadan. Di sini ada satu fawaid (manfaat) yaitu faidah ijtimaiyah (manfaat sosial), yang biasa tidak ketemu jadi ketemu," ujarnya.

Agenda Bandung Lautan Mengaji memang dirangkai dengan ibadah Salat Tahajud, khataman Alquran, Salat Subuh berjemaah, jalan santai, dan orasi kebangsaan. Kagiatan ini dikuti ribuan jemaah yang hadir dari berbagai wilayah di Jawa Barat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya