KM Mutiara Sentosa I yang Terbakar Laik Layar

Kapal Motor Mutiara Sentosa I.
Sumber :

VIVA.co.id – Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab terbakarnya Kapal Motor Mutiara Sentosa I di Perairan Masalembu, Jawa Timur, yang terjadi Jumat 19 Mei 2017 kemarin. 

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

"Setelah mendapat laporan kebakaran, KNKT membentuk tim. Sabtu kemarin sudah turun ke Tanjung Perak, Surabaya, dengan dipimpin oleh Ketua KNKT," kata penyelidik KNKT, Bambang Alwi, di Kantor Pusat Basarnas, Minggu 21 Mei 2017. 

Untuk mengetahui penyebab kebakaran, KNKT mulai mencari informasi dan melakukan wawancara dengan penumpang yang selamat. Pemeriksaan fisik kapal juga akan dilakukan.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

"KNKT belum bisa simpulkan, apakah ini teknis atau human error. Kami masih investigasi. Dari penumpang kami wawancara, dapat info awal. Jadi, kami belum dapat sampaikan penyebabnya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Rudiana MM, menegaskan KM Mutiara Sentosa I yang membawa 197 penumpang tersebut dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan keselamatan.

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

"Alat keselamatan dan sekoci memadai. Sebelum jalan juga sudah dilakukan ramp check. Mungkin karena kekuatan api sangat besar dan luas, jadi tidak bisa ditanggulangi. Tetapi, kru kapal sudah laksanakan prosedur dengan baik," kata Rudiana.

Menurutnya, setiap kapal yang akan berlayar perlu melakukan sosialisasi kepada penumpang, untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang terjadi pada KM Mutiara Sentosa I. 

"Sosialisasi kepada penumpang itu perlu. Kami belum tahu apakah kapal ini sudah laksanakan atau belum. Tapi, kemungkinan sudah, karena nakhoda kelihatan siap melakukan prosedur yang ada ketika kejadian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya