Awal Puasa 1 Ramadan 1438 Hijriah Jatuh Sabtu 27 Mei

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin (kanan).
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kementerian Agama selesai menggelar sidang Isbat. Hasil sidang Isbat memutuskan awal puasa Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada 27 Mei 2017 atau Sabtu besok.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Setelah sidang Isbat yang digelar tertutup, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan laporan bahwa malam ini sudah masuk Ramadan.

"Alhamdulillah, kami baru saja menyelesaikan sidang Isbat maka dua hal ini hisab dan ruqiyah bersepakat bahwa malam ini sudah memasuki 1 Ramadan," kata Lukman Hakim Saifuddin, di kantor Kementerian Agama, Jl. Thamrin, Jakarta, Jumat, 26 Mei 2017.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Dijelaskan Lukman, dalam pengamatan hisab dan hilal sudah dilakukan di beberapa titik yang tersebar di berbagai seluruh Indonesia. Menurutnya ,ada laporan dari 84 titik berbagai daerah Tanah Air, Dari laporan hilal berada di ketinggian 8,51 derajat. Jarak antara matahari dan bulan 8,73 derajat. Begitu pun peninjauan dari beberapa penjuru dunia.

"Besok pagi sudah menjalani Ibadah puasa," kata Lukman saat mengumumkan hasil sidang Isbat.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Dalam kesempatan ini, Lukman tak ketinggalan menyempatkan ucapan selamat kepada seluruh umat Islam di Indonesia yang menjalankan ibadah puasa.

Perwakilan ormas, Komisi VIII DPR, dan beberapa duta besar negara Islam turut hadir dalam sidang Isbat ini. Penentuan awal Ramadan ini menggunakan metode hisab dan rukyat. Acuan ini menyesuaikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 terkait penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Adapun, sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan awal Ramadan 1438 H jatuh pada 27 Mei 2017. Penetapan didasarkan pada hisab hakiki wujudul hilal atau perhitungan penampakan bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya