Waktu Tempuh Merak-Bakauheni Dipersingkat Jadi Satu Jam

Menteri BUMN Rini Soemarno di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.
Sumber :
  • VIVA.cooid/ Yandi Deslatama (Serang)

VIVA.co.id – Menteri BUMN Rini Soemarno mengemukakan, waktu tempuh penyeberangan antara Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung akan dipersingkat menjadi satu jam dari yang semula dua jam.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

"Bapak presiden juga mengingatkan kepada Dirut ASDP, bagaimana meningkatkan penyeberangan dari Merak menuju Bakauheni dari dua jam menjadi satu jam. Di mana BUMN sedang membangun tol Palembang Bakauheni sehingga bisa melayani Asian Games di Jakarta dan Palembang," kata Rini di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan Dermaga VI dan VII, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu, 27 Mei 2017.

Waktu tempuh penyeberangan itu dipersingkat guna memperlancar pembangunan perekonomian di Pulau Sumatera. Terlebih jika Asian Games 2018 berlangsung. "Pembangunan dermaga premium ini harus selesai pada Agustus 2018. Sesuai target pembangunan tol. Pembangunan ekonomi Jawa, Sumatera menjadi satu kesatuan," ujarnya.

Pesan Khusus Budi Karya ke Pelindo dan ASDP saat Mudik Lebaran: Kapal Besar Didahulukan

Dengan adanya dua dermaga baru di Pelabuhan Merak, Rini juga berharap angka pengangguran di Kota Cilegon, Banten dapat dikurangi. "Pelabuhan Merak-Bakauheni merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia. Kami juga harapkan setelah diresmikan (pembangunan dermaga baru), akan membuka lapangan pekerjaan baru," katanya.


 

Pelabuhan Merak jadi Titik Krusial Mudik 2024
Pemudik sepeda motor masih padati Pelabuhan Ciwandan, Cilegon

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten bakal mengawal warga yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 naik sepeda motor mulai dari Tangerang hingga ke Pelabuhan Ciwandan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024