Lindungi Korban Persekusi, Kemensos Siapkan Rumah Aman

kemensos gelar rapat terbatas terkait beras miskin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, beredar video viral aksi kekerasan sejumlah pria yang diduga anggota Front Pembela Islam (FPI), terhadap Putra Mario Alfian (15).

Warga Permata Buana Korban Persekusi Akui Dapat Permufakatan Diskriminasi

Video yang berdurasi 11:22 menit tersebut, memperlihatkan Mario diinterogasi dan sempat dipukul sekelompok orang (korban persekusi).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan telah menyiapkan rumah aman (safe house-red) untuk korban persekusi, Putra Mario Alfian dan keluarga jika Polda Metro Jaya merujuknya ke Kementerian Sosial.

PDIP Kini Bela Bacaleg yang Dituduh Setubuhi Anak Kandung di Lombok Barat

Ada beberapa opsi tempat yang bisa ditempati Mario dan Keluarga milik Kementerian Sosial. Khofifah menjamin opsi tempat tersebut aman dan nyaman untuk ditempati.

"Sampai kondisi psikis Mario dan keluarga pulih dari trauma dan merasa aman kembali ke lingkungan," ungkap Khofifah dalam rilis Biro Hubungan Masyarakat Kemensos, yang diterima VIVA.co.id pada Jumat 2 Juni 2017.

Lima Tersangka Persekusi Pemandu Karaoke Ditangkap, Pria yang Menelanjangi Masih Buron

Pihaknya pun, lanjut Khofifah, telah menyiapkan tim layanan dukungan psikososial guna memberikan trauma healing dan trauma konseling, terutama bagi Mario yang mengalami kekerasan fisik dan verbal secara langsung.

"Kapanpun diminta kami siap, namun sebelumnya ada proses assesmen terhadap Mario," imbuhnya.

Sementara itu, Khofifah menilai tindakan kepada Mario sangat berlebihan dan tidak pantas, mengingat umurnya masih kategori anak- anak. Oleh karena itu, Ia meminta Polri segera mengusut kasus tersebut. Sehingga diharapkan tidak ada lagi korban persekusi di masyarakat khususnya anak-anak.

"Kalau memang ada keberatan silahkan lapor kepada pihak berwenang, tidak lantas main hakim sendiri. Indonesia ini negara hukum," tuturnya.

Lebih lanjut, Khofifah meminta agar peristiwa serupa tak terulang. Ia meminta masyarakat untuk saling menghargai dan toleransi satu sama lain, agar hubungan yang harmonis antar warga masyarakat dan lingkungan bisa terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya