Heboh Kembang Api Berbahan Kertas Alquran di Semarang

Petasan. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Warga Kota Semarang dihebohkan dengan adanya kembang api berbahan kertas cetakan alquran. Temuan itu kali pertama dilaporkan oleh warga kepada pihak kepolisian.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Kembang api itu awalnya ditemukan oleh Robert, seorang warga di Kecamatan Pedurungan, Senin, 29 Mei 2017 lalu. Curiga dengan bahan kembang api itu, Robert langsung membongkarnya. Benar saja, rupanya bahan dasar petasan adalah kertas bertuliskan huruf Arab atau mushaf alquran. Temuan pun langsung dilaporkan ke Kepolisian Sektor Pedurungan hingga polisi menyita sejumlah kembang api.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djarod Padakova mengaku, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan mendalam terkait temuan itu. Polisi juga menelusuri dugaan penggunaan kertas dari alquran untuk kembang api.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

"Kami melakukan penyelidikan asal-usul kertas tersebut yang diduga ada ayat alquran itu," kata Djarod, Jumat, 2 Juni 2017.

Hasil penyelidikan sementara, longsongan kembang api air mancur berbahan dasar kertas alquran berasal dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. "Itu dari Sukoharjo dan dikirim ke Madiun untuk diisi jadi kembang api," kata Djarod. 

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Berdasarkan informasi, kembang api itu diproduksi oleh PT Surya Kencana yang berada di Madiun, Jawa Timur. Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran di kabupaten-kota terkait temuan menghebohkan itu. Intruksi itu agar polisi bisa menelusuri dan mengamankan kembang api serupa jika ditemukan di masing-masing daerah.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Kanigoro Network meluncurkan hasil survei terbarunya tentang tokoh-tokoh potensial di Pilgub Jawa Tengah 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024