Cegah Simpatisan ISIS, Perbatasan RI-Filipina Diperketat

KSAD, Jenderal TNI Mulyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) mengandalkan deteksi dini di kawasan perbatasan Indonesia dan Filipina. Upaya itu untuk mencegah simpatisan kelompok Maute yang berafiliasi dengan ISIS yang menyerang Kota Marawi, Pulau Mindanao, Filipina bagian selatan, agar tidak masuk Indonesia.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Seperti diketahui, hingga kini kelompok Maute masih berada di Kota Marawi. Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengatakan, deteksi dini dilakukan agar TNI AD bisa segera melakukan tindakan bila simpatisan ISIS terindikasi berhasil masuk Indonesia.

"Kita tidak boleh biarkan itu (ISIS) berkembang di negara kita,”kata Mulyono.  

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Menurut dia, upaya deteksi dini dilakukan seluruh aparat, apakah intelijen, teritorial, kemudian aparat-aparat satuan lainnya. Aparat yang beroperasi ataupun satuan masing-masing harus selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Ya kami mendeteksi semuanya, indikasi apa pun yang ada, kami harus monitor secara cepat," ujar Mulyono, Selasa, 6 Juni 2017.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Mulyono melanjutkan, ancaman masuknya simpatisan ISIS ke Indonesia saat ini belum besar. Karena itu, TNI AD belum melakukan penambahan pasukan di wilayah itu. Mulyono menyampaikan bahwa hingga kini, TNI AD masih fokus kepada tindakan penguatan pasukan dan setiap personel TNI AD.

"Penguatan perbatasan dilakukan terhadap pasukan yang beroperasi di perbatasan. Sementara yang tidak di perbatasan, tetap kami lakukan upaya-upaya mengantisipasi musuh," ujar Mulyono.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024