Lapan Pantau 12 Hotspot di Sumsel

Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Titik panas di beberapa wilayah Sumatera Selatan mulai terpantau oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), melalui data yang diperbarui Kamis, 8 Juni 2017.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

Sebanyak 12 titik panas mulai terlihat di beberapa wilayah Kabupaten, seperti Muara Enim 2 titik hotspot, Musi Rawas 3 hotspot, Banyuasin 3 hotspot, Ogan Komering Ilir (OKI) 3 hotspot dan 3 hotspot di Musi Banyuasin.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel, Iriansyah, menjelaskan, sejak Februari 2017 lalu, status siaga bencana asap telah dikeluarkan oleh Gubernur Alex Noerdin. Sehingga, petugas dari Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan telah disiagakan di titik-titik rawan munculnya api.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

"Satgas darat dan udara kini sudah mulai turun ke lapangan untuk mengantisipasi adanya karhutla sejak dini. Ketika ada titik panas langsung dilakukan upaya pemadaman," kata Iriansyah, Kamis 8 Juni 2017.
 
Menurut Iriansyah, tidak semua titik panas yang terpantau oleh satelit merupakan kebakaran hutan atau lahan. Sehingga, untuk memastikan apakah itu hotspot atau bukan, tim Satgas terdekat lebih dulu melakukan pengecekan.

"Ada juga yang membakar sampah terdeteksi satelit, jadi tidak semuanya itu adalah hotspot. Harus dipastikan dulu dari tim satgas lapangan," ujarnya.

Titik Api Meningkat, Kalimantan Barat Mulai Diselimuti Kabut Asap

Pemantau, lanjutnya, selain dilakukan jalur darat, juga dilakukan lewat udara dengan menggunakan empat unit helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Empat unit helikopter tersebut terdiri dari 2 unit helikopter MI-8, satu unit helikopter Bolco dan satu unit helikopter Bell. Ada bantuan dari BPPT berupa satu pesawat Cassa 212 untuk melakukan teknik modifikasi cuaca atau hujan buatan," imbuhnya. (one)

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo melaksanakan apel gelar sarana prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2021