Jelang Mudik, Sistem One Way Dicoba di Nagreg

Jalur mudik Nagreg
Sumber :
  • Twitter @dedealimarwan

VIVA.co.id – Jelang mudik Lebaran 2017, Kepolisian di wilayah Bandung, Sumedang dan Garut, telah mengggelar simulasi rekayasa arus lalu lintas. Khususnya pemberlakuan sistem satu arah atau one way.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Simulasi dilakukan di jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tepatnya, mulai pos polisi Cikaledong Nagrek. Menuju arah barat atau menuju arah Tasikmalaya dan Garut di pertigaan Nagreg teptnya di pertigaan lingkar Nagreg.

"Dilakukan dengan menutup jalur dari arah barat menuju timur. Dicoba selama 30 menit dan jalur dapat dilalui satu arah secara bergantian menuju arah Garut," kata Kabagops Polres Bandung, Kompol Widi Setiawan, Sabtu, 10 Juni 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Uji sistem satu arah juga dilakukan dengan menutup jalan dari arah timur menuju barat atau mulai di kawasan Limbangan, Garut Hingga ke Cikaledong.

Uji coba ini dipimpin Kapores Bandung, AKBP Nazly Harahap. Menurutnya, pengamanan arus mudik di jalur ini akan dimulai 19 Juni atau H-8 Lebaran. Pengamanan sengaja dilakukan secara bersama untuk menghindari ego sektoral Kepolisian di wilayah saat mengamankan arus mudik di jalur selatan.
 
"Selam arus mudik dan balik, sistem satu arah jika terjadi penumpukan. Situasi dan keadaan lalu lintas," kataya.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

Laporan: Jhon Hendra/ Bandung

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021