Tol Brebes-Gringsing Akan Diawasi Tiga Jenderal

Ruas tol fungsional Brebes - Batang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Pemerintah terus membuat skema mengantisipasi macet di jalan tol Brebes-Gringsing pada arus mudik dan balik Lebaran 2017. Salah satu skenario yang disiapkan adalah menempatkan tiga jenderal di wilayah tol fungsional tersebut.

Percepat Penyelesaian Tol Ini, Waskita Cairkan PMN Rp1,24 Triliun

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengatakan, ketiga jenderal yang disiapkan Polri itu memiliki tanggung jawab membuat keputusan penting jika di tol fungsional Brebes-Gringsing terjadi kemacetan. Sebab, keputusan pemerintah sudah jelas, posko mudik akan dikomando pihak Kepolisian.

"Yang dikasih kewenangan motong (kemacetan) ini adalah polisi. Polisi ada tiga jenderal bintang satu yang akan menjadi wasit nantinya, " kata Ganjar usai rapat koordinasi mudik Lebaran di Semarang, Senin, 12 Juni 2017.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Ganjar menyebut, dari rekayasa lalu lintas jalur mudik ke wilayah Jawa Tengah, memang disepakati agar tidak semua kendaraan bisa masuk jalan tol fungsional. 

"Keputusan Menteri kemarin sepanjang macet dua kilometer nanti mesti dipotong. Dengan kewenangan ini, maka keputusannya nanti cepat dan manajemen lalu lintasnya bisa dilakukan cepat pula," ujar Ganjar.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Hasil diskusi dengan pemerintah pusat, lanjut Ganjar, jika dalam tol Brebes-Gringsing nanti satu ruas macet, nanti dipikirkan untuk ada u-turn (putar balik) untuk dibalikkan atau dibuang ke jalur lain. Keputusan itu juga yang berwenang adalah Kepolisian. "Maka harus mau, kalau tidak mau nanti terakumulasi luar biasa," imbuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Satrio Hidayat menambahkan, tiga jenderal Polri itu nantinya akan mengendalikan lalu lintas di tiga wilayah dari Brebes hingga Gringsing Batang. 

Ia memprediksi, di wilayah Pantura simpul kemacetan terjadi di Pekalongan. Sebab di wilayah itu belum ada ring road, serta adanya dua lintasan kereta api. 

"Makanya fungsionalnya jalan tol kalau tidak sampai Batang dibukanya sampai Kaligangsa. Karena kalau Pemalang dimasukkan Pantura terus Pekalongan akan ngunci. Maka jalan tol Brebes-Gringsing ini disiapkan," katanya.

Ia menyebut sepanjang 110 kilometer Brebes-Gringsing, ada 10 exit tol yang disiapkan. Antara lain exit Brebes Barat di Klampok, Brebes Timur di Kaligangsa, exit Tegal di Kadiwana, exit Sewaka, exit Pemalang Beji, exit Sragi, exit Bojong-Wiradesa, exit Pasekaran, exit Kandeman dan exit Weleri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya