3.826 Pos Kesehatan Berdiri di Sepanjang Jalur Mudik

Menteri Kesehatan Nila Moeloek
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek mengatakan, pemerintah telah menyiapkan 3.826 posko kesehatan di sekitar jalur mudik untuk musim mudik Lebaran tahun 2017.

Sentil Kementerian Kesehatan, Jokowi: Jangan Bertele-tele!

Nila mengatakan, ribuan pos kesehatan untuk menunjang kelancaran arus mudik Lebaran ini terdiri dari pos kesehatan, rumah sakit, kantor kesehatan pelabuhan.

"Jumlahnya total 3.826, itu terdiri dari pos kesehatan, ada rumah sakit, ada kantor kesehatan pelabuhan dan juga ada public service center 119," kata Nila di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

Tips 4 Langkah Membuka dan Membuang Masker yang Benar

Nila menambahkan, untuk di sepanjang jalur tol Pejagan-Pemalang hingga pintu ke luar tol Brebes Exit (Brexit) juga disediakan pos-pos kesehatan. Bahkan, di jalan Tol fungsional sepanjang 110 kilometer dari Brebes hingga Gringsing disediakan 11 pos kesehatan.

"Tadi kan ada solusinya membuat jalur fungsional dan di situ ada dibuat rest area. Ini semua terpadu," ujarnya.

Cara Cuci Tangan Paling Efektif Bunuh Virus Corona

Nila mengatakan, pihaknya juga menyiapkan ambulans dan kendaraan roda dua dengan petugas kesehatan yang mobile apabila dalam keadaan darurat bisa menembus hingga ke kendaraan pemudik yang membutuhkan. "Kami mengusahakan ambulans. Kami mengusahakan dengan roda dua," ujarnya.

Nila juga mengimbau kepada para pengemudi untuk betul-betul bertanggung jawab, menjaga kesehatan, berperilaku baik dalam mengemudi sehingga perjalanan bisa berjalan dengan lancar.

"Pengemudi kami mohon betul-betul bertanggung jawab. Tidak meminum alkohol, tidak meminum obat-obatan yang menyebabkan kantuk. Dan kalau memang tensinya tinggi kita akan periksa di pos. Kami meminta kepada pengemudi harus menjaga kesehatan. Harus berperilaku hidup sehat," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya