Kabar Gembira, Tol di Sumatera Ini Gratis Selama Arus Mudik

Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi bersama pihak terkait saat tinjau tol Kualanamu Kabupaten Deli Serdang-Sei Rampah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Kabar gembira untuk pemudik Lebaran tahun ini yang melalui jalur darat di Sumatera Utara. Pasalnya, mereka sudah bisa menggunakan jalur tol Kualanamu Kabupaten Deli Serdang-Sei Rampah. Selama arus mudik lewat tol ini, masyarakat tak akan dipungut biaya alias gratis.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Penggunaan jalur tanpa hambatan ini diberikan secara gratis karena sekaligus dalam rangka uji coba tol tersebut. Jalur tol ini merupakan proyek nasional tol trans Sumatera yang dilakukan Pemerintahan Joko Widodo di Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, jalan tol dengan panjang sekitar 41,6 kilometer itu, sudah siap dilalui pemudik Lebaran tahun 2017 secara gratis.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

"Alhamdulillah, jalan tol itu sudah bisa dioperasikan sebagai dukungan jalur alternatif mudik maupun arus balik Lebaran 2017," ujar Tengku Erry saat melakukan peninjauan ruas jalan tol tersebut, Selasa, 13 Juni 2017.

Tengku Erry menjelaskan, rencananya jalan tol itu difungsikan mulai H-10 hingga H+10 Idul Fitri. Dia mengatakan, dengan beroperasinya tol ini, akan membantu pemudik tidak terjebak macet di ruas jalan umum di Sumatera Utara. "Dengan dibukanya jalan tol Kualanamu-Sei Rampah diharapkan kemacaten lalu lintas berkurang di saat mudik dan balik Lebaran," kata Erry.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

Dengan kelancaran, kenyamanan dan keamanan mudik dan balik Lebaran di Sumatera Utara, juga semakin terjaga baik. "Oleh karena masih uji coba, tentunya masih ada kekurangan di sana sini sehingga masyarakat perlu hati-hati," tutur Erry

Dirut Jasa Marga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto mengatakan, jalan tol itu memang sudah bisa dioperasikan sementara untuk keperluan membantu kelancaran lalu lintas arus mudik dan balik. "Karena masih uji coba, perlu dukungan dan koordinasi kuat dengan berbagai jajaran," katanya.

Dia mengakui, karena uji coba juga, maka lalu lintas di jalan tol itu masih satu arah yakni digunakan pertama untuk arus mudik. Kemudian ditutup untuk digunakan sebagai arus balik.

Jasa Marga menetapkan arus mudik mulai 15 Juni hingga 27 Juni 2017. Sedangkan, arus balik 28 Juni hingga 2 Juli 2017. "Namun ada permintaan jalan tol itu dioperasikan tanggal 19 Juni. Tentunya itu semua tergantung kesepakatan seluruh jajaran terkait," kata Agus.

Dengan selesainya Kualanamu -Sei Rampah. Maka tinggal penyelesaian Sei Rampah-Tebing Tinggi yang sepanjang  8,7 km. "Kalau Rampah-Tebing Tinggi selesai, maka jarak  Medan-Tebing Tinggi 61,7 km itu selesai," katanya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Lantas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Raden Heru  Prakoso menyebutkan, penetapan kapan dibukanya sementara jalan tol Kualanamu-Sei Rampah itu baru dipastikan, besok14 Juni 2017.

"Kamis besok, baru akan ada rapat koordinasi semua unsur terkait pengoperasian jalan tol Kualanamu-Sei Rampah itu," ujarnya.

Namun dia mengakui, pengoperasian jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah itu  dipastikan sangat membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran. "Jalan tol itu akan menjadi altermatif kedua lalu lintas Medan-Tebing Tinggi setelah ada melalui Galang." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya