Indonesia, Malaysia dan Filipina Siaga ISIS

Militer Filipina bersiaga di Kota Marawi menghadapi teror milisi simpatisan ISIS.
Sumber :
  • Reuters/Romeo Ranoco

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebutkan bahwa kelompok teror asal Suriah atau ISIS akan masuk ke Indonesia sejak tahun 2015.

Jenderal Ryamizard Masuk RS

"Satau setengah tahun lalu saya sudah bilang akan datang," kata Ryamizard di Kementerian Pertahanan, Kamis, 15 Juni 2017.

Indikasi itu kemudian diperkuat dengan munculnya teror bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu Jakarta Timur pada 24 Mei 2017.

14 Tahun Gadai Nyawa di Medan Perang, Pria Ini Jadi Pentolan TNI

Menurut Ryamizard, saat ini guna menghadapi teror ISIS, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan untuk pembahasan kesiapan menghadapi teror ISIS. Rencananya pertemuan ini akan digelar pada 19 Juni 2017 di Kota Tarakan Kalimantan Utara.

"Kumpul Menhan Malaysia, Filipina dan Indonesia. Saya ajak juga Menhan Singapura dengan Brunai Darussalam biar tahu kalau ada apa-apa kita sudah siap," ujarnya.

Jenderal TNI Ancam Teroris: Ngebom-ngebom Gue Lindes Lu!

Di bagian lain, Ryamizard juga telah memastikan pasacadampak kontak senjata di Kota Marawi Filipina, pemerintah telah menentapkan status siaga satu di wilayah Sulawesi Utara yang menjadi daerah terdekat dengan perbatasan.

Apalagi diketahui, ada tiga daerah di Sulawesi Utara yang memang berbatasan langsung dengan Marawi. "Disana sudah siaga satu, sudah setiap hari bela negara di sana," kata Ryamizard.

 JAMPidsus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah

Jawaban Jampidsus Ditanya Kapan Periksa Ryamizard Ryacudu

Nama Ryamizard Ryacudu disebut terkait dugaan pelanggaran hukum proyek satelit Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2015-2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022