Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 17:06 WIB
  • Fasilitas Wah Jemaah Haji 2017

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Eko Priliawito
Fasilitas Wah Jemaah Haji 2017
Photo :
  • VIVA.co.id / Eko Priliawito
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis

VIVA.co.id – Kementerian Agama menargetkan indeks kepuasan jemaah haji pada musim haji 1438 H /2017 M, akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Bila pada 2016, indeks kepuasan mencapai 83,83 persen, tahun ini ditarget mencapai 85 persen.

Menurut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, peningkatan indeks kepuasan jemaah menjadi target bersama, setelah adanya peningkatan hampir di seluruh pelayanan terhadap jemaah. Terkait transportasi misalnya, tahun ini Kementerian Agama sudah meningkatkan spesifikasi bus transportasi antarkota perhajian.  

Saat memberikan materi pembekalan kepada petugas haji di Asrama Haji, Sri mengatakan, bus yang digunakan produksi tahun 2009, 2013, dan 2016. Bus Shalawat, bahkan akan ada selama 24 jam. Setiap bus, nantinya juga akan dilengkapi GPS untuk memonitor pergerakan  bus.

"Kapan pun jemaah ingin ibadah, akan ada bus yang mengantar selama 24 jam. Mau salat malam tidak masalah, akan ada bus yang terus mengantar jemaah. Bus kita pasang GPS, biar nanti termonitor," ujar Sri, Kamis 15 Juni 2017.

Sementara itu, pelayanan konsumsi di Mekah diberikan dua kali makan (siang dan malam) dan selamat datang, atau saat jalan sebanyak 25 kali makan. Menu makan siang dan malam  terdiri dari nasi, lauk dua macam, sayuran, buah, dan air mineral. Menu makan malam terdiri dari: nasi, lauk satu macam, sayuran, buah, dan air mineral dan diberikan snack satu untuk sarapan.

Kemudian, di Madinah diberikan dua kali makan (siang dan malam) paling banyak 18 kali makan, termasuk satu paket kelengkapan konsumsi snack dan air mineral tambahan (welcome drink). Menu makan siang terdiri dari: nasi, lauk dua macam, sayuran, buah, dan air mineral dan menu makan malam terdiri dari: nasi, lauk satu macam, sayuran, buah, dan air mineral.

"Selama di hotel, jemaah akan dapat jatah air mineral dalam satu hari satu liter," katanya.

Sementara itu, pemondokan tahun ini mengalami pembaharuan seiring dengan perluasan pemondokan di Arab Saudi. Sehingga, segala fasilitas yang didapat pemondokan, atau hotel baru setara dengan bintang tiga. 

Terkait pelaksanaan haji tahun ini, yang terbaru adalah tenda-tenda di Arafah. Fasilitas tenda akan diganti serentak dengan bahan PVC yang anti-api dan mampu menyerap panas sinar matahari. Pembaruan tenda ini dilakukan setelah 100 tahun dan dilakukan untuk kenyamanan para jemaah.

"Tenda ada air cooler, atau penyejuk udara yang diharapkan mendatangkan kenyamanan bagi jemaah. Seluruh tenda jemaah akan sama. Proses pemasangan terus dilakukan," katanya. (asp)