Kakorlantas Yakin Insiden Brexit Tak Terulang

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Sejumlah ruas jalan tol dikebut pengerjaannya jelang mudik Lebaran 2017. Upaya ini dilakukan agar para pemudik memiliki alternatif jalan dan mengurangi kemacetan yang kerap terjadi saat perhelatan mudik setiap tahunnya.

Polisi PJR Diduga Aniaya Pengendara di Tol, Begini Duduk Perkaranya

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, kepolisian bersama pemangku kepentingan terkait sangat serius agar kejadian di tol Brebes Timur atau dikenal Brexit pada Lebaran tahun lalu tidak terjadi pada tahun ini.

"Komisi V, kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian PU-Pera, Jasa Marga, BPJT, Jasa Raharja. Semua kami dari pemerintahan, betul-betul memfokuskan solusi kepadatan Brexit tahun lalu," kata Royke di sela peninjauan tol Pemalang-Batang dan Pejagan-Pemalang, Kamis 15 Juni 2017.

Gandeng Abuya Muhtadi, Irjen Istiono Buat Semringah Petani di Banten

Ia menuturkan, guna mengurai kemacetan tersebut akan dibuka jalan tol fungsional di Pejagan hingga Batang. "Brexit tahun lalu padat dan ini adalah bocorannya. Dibuat jalan tembus tol fungsional sampai ke Gringsing sejauh 110 kilometer," ujarnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena melihat, pemerintah sudah secara maksimal membuat tragedi Brexit tak terulang.

Menhub Lepas Tim Pengendalian Arus Lalin di Masa Larangan Mudik

"Kami mulai meninjau dari Cikarang Utama tadi sampai ke Pemalang. Menurut saya kami melihat bahwa persiapan Lebaran 2017 relatif memberikan suasana kondusif dibanding 2016. Doa dan harapan kami mudah-mudahan tahun ini tidak ada kejadian yang memilukan hati dan memakan korban," ujar Michael.

Setelah melihat penanganan pelaksanaan 2017 menyangkut Pejagan dan Brexit, Michael juga melihat perkembangan pembangunan sudah dapat ditangani dengan baik.

"Banyak contoh, misal untuk di Pejagan saja ada lima titik yang menjadi kendala dalam kemacetan akibat perlintasan sebidang. Tapi, sampai saat ini kami meninjau ada empat flyover yang sudah dibangun oleh Kementerian PU-Pera, sehingga memudahkan arus lalu lintas," katanya.

Ia pun berharap, pada mudik 2017 kali ini tidak ada lagi korban jiwa akibat kemacetan. "Ya insya Allah, puji Tuhan semoga ini berjalan dengan baik," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya