Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 20:19 WIB
  • Jemaah Haji Kloter Terakhir Akan Bertemu Jemaah Umrah

  • Oleh
    • Eko Priliawito
Jemaah Haji Kloter Terakhir Akan Bertemu Jemaah Umrah
Photo :
Jamaah haji sedang tawaf

VIVA.co.id – Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan untuk melakukan perubahan jadwal umrah setelah musim haji 1438H/2017M selesai dilaksanakan. Perubahan terkait kebijakan Arab Saudi yang pada tahun ini membuka layanan umrah besar-besaran mulai tanggal 1 Muharam.

Padahal biasanya pelaksanaan umrah baru dilakukan saat selesai musim haji pada 15 Muharam. Biasanya saat Syawal, Tanah Harom sudah bersih dari jemaah umrah. Tapi tahun ini pada bulan Syawal sampai Muharram masih penuh jamaah umrah.

"Pemerintah Arab Saudi sedang mengerjar target jemaah umrah sebesar-besarnya," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis saat memberi pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis 15 Juni 2017.

Meski akan terjadi pertemuan antara jemaah haji dan umrah, namun Sri Ilham memastikan tidak akan ada penumpukan jemaah. Karena 50 ribu jemaah haji gelombang akhir secara bertahap akan dipulangkan. Dan jemaah umrah juga akan datang secara bertahap.

"Memang pada tahun ini para jemaah umrah dan haji akan bertemu di Arab Saudi dan dipastikan sangat padat. Dan Ini yang akan jadi tantangan bagi petugas haji Indonesia," kata katanya.

Seperti diketahui, kedatangan jemaah haji Indonesia pada 6-27 Agustus atau 14 Dzulqadah-5 Dzulhijjah. Kemudian di Armina 28 Agustus hingga 4 September atau 6-13 Dzulhijjah.

"Untuk kepulangan 5-26 September 4 Dzulhijjah -6 Muharram. Jadi total operasional 44 hari," katanya.