Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 15 Juni 2017 | 23:07 WIB
  • Kasus Novel Lelet, Polisi Berdalih Masih Cari Fakta

  • Oleh
    • Dusep Malik,
    • Reza Fajri
Kasus Novel Lelet, Polisi Berdalih Masih Cari Fakta
Photo :
  • VIVA.co.id / Foe Peace
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.

VIVA.co.id – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan kepolisian masih melakukan sejumlah pemeriksaan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Terkait pengakuan Novel yang menyebut keterlibatan Jenderal Polisi, kepolisian masih menunggu bukti-bukti. 

"Semua kan perlu kami lakukan, pemeriksaan alibi seperti apa. Kami lakukan semuanya. Ada beberapa yang dicurigai pelaku, kami lakukan pemeriksaan alibi yang ada di situ. Kita tunggu apakah ada bukti atau tidak," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Argo tidak menyebut siapa pihak yang diduga pelaku. Terkait apakah kepolisian akan menelusuri dari pengakuan soal adanya Jenderal Polisi itu, Argo hanya menjawab polisi akan terus melakukan penyelidikan yang dianggap perlu. 

"Yang terpenting kami lakukan penyelidikan ya, potensi-potensi mana yang mengarah ke sana," ujar Argo. 

Dia menjelaskan kepolisian tidak bisa memaksakan percepatan pengusutan kasus ini. Polisi katanya harus melihat berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan di lapangan. 

"Kalau tidak ada fakta gimana kita memaksakan? Kita harus berjalan sesuai dengan fakta di lapangan, jangan mengandai-andai. Kadang ini berkaitan dengan HAM," kata Argo.

Sebelumnya, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengungkapkan keheranannya terhadap proses penyelidikan kasus penyiraman air keras terhadapnya oleh kepolisian. Dia menilai proses itu lamban karena jeleknya kualitas penyidik di kepolisian.