Mudik 2017, Menhub Cek Bandara dan Pelabuhan Makassar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Perhubungan.

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan mudik 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar hari ini, Sabtu, 17 Juni 2017. Hal itu dilakukan Menhub setelah berkunjung dari Balikpapan.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 15.01 WITA. Ia akan langsung disambut oleh Kepala Otoritas Bandara, General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pantauan VIVA.co.id, pada posko terpadu angkutan lebaran 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar telah bersiap sejumlah penjaga. Ada setidaknya, 5 televisi layar lebar yang menampilkan informasi pantauan traffic penumpang pesawat, data cuaca, radar pesawat Airnav, hingga posko kantor kesehatan dan pelayanan.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Salah seorang petugas humas posko, Frida Asih, mengungkapkan, posko mudik tersebut telah dibuka sejak tanggal 15 Juni 2017. Sejauh ini, pengunjung banyak memanfaatkan posko untuk mengetahui jam kedatangan pesawat yang ditumpangi kerabat atau sanak saudaranya.

"Rata-rata tanya pesawatnya datang jam berapa, itu bisa dilihat di flight radarnya Airnav jam berapanya. Karena kadang kan ada yang delay. Kalau delay normal kan 30 menit, jadi bisa estimasi jam berapa, karena tidak persis dengan jadwal tiket," kata Frida di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Sementara itu, untuk jumlah penumpang yang ada saat ini, masih dalam kondisi yang normal. Berdasarkan data terakhir PT Angkasa Pura I, pada H-9 atau 16 Juni 2017 total kedatangan (arrival) penumpang sebanyak 17.624, keberangkatan (departure) 22.264 orang. Sedangkan jumlah pesawat yang datang sebanyak 163 pesawat, dan berangkat sebanyak 162 pesawat.

"Ini masih belum masa puncak mas, prediksi puncak, 22-23-24 Juni," ujarnya.

Posko Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya