Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 18 Juni 2017 | 20:08 WIB
  • Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris di Jawa Tengah

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris di Jawa Tengah
Photo :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal
Tim Densus 88 Antiteror

VIVA.co.id - Datasemen Khusus 88 Antiteror menangkap tiga terduga teroris di dua wilayah berbeda di Jawa Tengah pada Minggu, 18 Juni 2017. Satu terduga teroris ditangkap di Kabupaten Temanggung dan dua lainnya di Kabupaten Kendal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djarod Padakova, mengonfirmasi kabar itu ketika dihubungi di Semarang.

Berdasarkan informasi Kepolisian, satu terduga teroris berinisial AZ alias F ditangkap di rumahnya di Dusun Kalitengah, Desa Bonjor, Kecamatan Tretep, Temanggung. Ia ditangkap sekira pukul 07.20 WIB.

Tim Densus dibantu Polres Temanggung juga menggeledah rumah itu dan menyita sejumlah barang bukti. Masing-masing, dua buah laptop, tiga handphone, flashdisk, serta sejumlah buku dan kitab.

Pada hari yang sama, tim Densus 88 juga menangkap dan menggeledah terduga teroris di Kabupaten Kendal. Sekira pukul 06.30 WIB, polisi menangkap Z, warga Desa Payung, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Lalu pukul 09.05, terduga teroris berinisial R. Ia ditangkap di rumahnya di Dukuh Bumen, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal.

"Semuanya sudah diamankan tim Densus 88," kata Djarod.

Berdasarkan penggeledahan dua lokasi itu, Densus 88 dibantu Polres Kendal menyita sejumlah barang bukti, antara lain, sembilan unit handphone, dokumen Yayasan Abu Bakar beserta cap dan stempel, buku tauhid dan jihad.

Polisi juga menyita tas berwarna hitam berisi bahan kimia, peralatan kompor lapangan, peralatan mandi, buku-buku jihad serta kartu identitas Sapala atas nama MM. Polisi menduga pemilik tas itu adalah salah seorang terduga teroris yang tewas setelah terlibat baku tembak dengan aparat di Tuban, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Disita pula sebuah bendera Merah Putih bertuliskan La ila ha illa Allah.