Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 18 Juni 2017 | 21:39 WIB
  • Jokowi Titip Wali Kota Cegah Banjir di Jalur Mudik Semarang

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Jokowi Titip Wali Kota Cegah Banjir di Jalur Mudik Semarang
Photo :
  • Pemerintah Kota Semarang
Presiden Joko Widodo bersama dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, untuk mengamankan jalur mudik di Semarang agar tak terganggu banjir rob. Menurut pengalaman sebelumnya, banjir rob di kawasan pantai utara Jawa di Semarang selalu menjadi momok pemudik.

"Tadi malam saya mendapat perintah langsung dari Bapak Presiden Jokowi untuk mengamankan jalur mudik yang melewati Kota Semarang," kata Wali Kota pada Minggu, 18 Juni 2017.

Hendrar telah menjamin bahwa pada lima hari sebelum Lebaran, jalur mudik, khususnya di Jalan Kaligawe Semarang, bebas banjir rob. Hal itu setelah Pemerintah Kota melakukan sejumlah skema penanganan khusus.

Skema penanganan rob itu dikerjakan melalui tiga proyek besar, yakni membangun tiga embung  (cekungan penampung), peninggian parafet sungai, dan normalisasi Kanal Banjir Timur.

Tiga embung masih dibangun di Trimulyo, Kaligawe-Sawah Besar, dan Karangroto. Masing-masing embung difungsikan untuk menampung tumpahan air yang kerap membanjiri sejumlah lokasi di timur Kota Semarang.

Skema kedua, penanganan banjir rob dengan peninggian parafet Kali Tenggang dan Kali Sringin. Proyek itu sudah bertahap dilakukan. Salah satunya menghadapi musim mudik Lebaran tahun ini. Meski belum maksimal, sedikit banyak banjir rob di ruas jalan sudah tertangani.

Ketiga, pemerintah juga mengerjakan proyek besar normalisasi Kanal Banjir Timur yang kini berangsur dilakukan.

“Sesuai rencana akan rampung pada tahun 2018. Setelah itu dilanjutkan dengan mega proyek tol Semarang-Demak, yang juga akan berfungsi untuk tol laut,” kata Wali Kota.

Pasukan pompa

Meski menjamin jalur mudik aman dari rob, Wali Kota tetap menyiagakan sejumlah pompa untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Setelah bertemu presiden, ia langsung bergerak dengan mengumpulkan para penjaga pompa sembari mengajak berbuka bersama di Balai Kota. Pasukan pompa itu bertanggung jawab mengamankan jalur mudik khusus di wilayah jalan pantai utara.

"Bila ada genangan yang berpotensi bertambah, semua pompa harus difungsikan, jangan sampai ada yang terlewat," kata Hendrar di hadapan pasukan pompa.

Dia pun mengapresiasi puluhan pasukan penjaga pompa di wilayahnya yang pada arus mudik tahun ini tidak mengenal libur.

"Saya paham bila panjenengan (anda) pasti juga ingin berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran, karena itu saya berterima kasih dengan komitmen menjunjung kepentingan umum di atas kepentingan pribadi," ujarnya.

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.