Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 19 Juni 2017 | 08:07 WIB
  • Ratusan Ribu Warga Jakarta Pulang Kampung Gratis

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Anwar Sadat
Ratusan Ribu Warga Jakarta Pulang Kampung Gratis
Photo :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat
Suasana peserta mudik gratis dari pemerintah di TMII

VIVA.co.id – Pemerintah Republik Indonesia mengadakan mudik bareng menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 H. Mudik bareng yang diberi tema ‘Mudik Bareng Guyub Rukun' tahun 2017 ini secara resmi di lepas pada Senin, 19 Juni 2017.

Acara pelepasan mudik bareng ini dilakukan di Halaman Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mudik Bareng Guyub Rukun ini rencananya akan dilepas oleh Menteri BUMN RI Rini Sumarno.

Pantauan VIVA.co.id pada pukul 07.00 WIB, sebanyak 118.020 orang mengikuti mudik bareng. Ada beberapa lokasi di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, yang menjadi tujuan mudik para peserta mudik bareng ini.

Mereka terlihat memakai pakaian yang seragam berwarna merah dan putih. Mereka juga terlihat membawa barang bawaan yang cukup banyak yang akan dibawa ke kampung halaman.

Ratusan Bus berukuran besar juga telah terparkir di lokasi parkir Tugu Api TMII. Bus-bus tersebut juga telah ditempeli stiker lokasi tujuan.

Acara pelepasan telah dimulai pada pukul 07.10 WIB. Acara dimulai dengan hiburan musik yang diisi oleh artis-artis Ibu Kota. Saat ini, proses pelepasan masih menunggu kedatangan para pejabat terkait untuk melakukan pelepasan secara resmi.

Perlu diketahui, Pemerintah resmi memilih tema 'Mudik Bareng Guyub Rukun' karena merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukunan, serta berangkat dari akar budaya Indonesia.

Pemerintah menilai nuansa Idul Fitri membawa kedamaian dan kesejukan. Saat di mana silaturahmi diperkuat dengan saling memaafkan. Budaya mudik juga dianggap menjadi suatu tradisi yang selalu dinantikan dan mewarnai nuansa Idul Fitri masyarakat Indonesia.

Untuk memberi warna baru pelaksanaan tradisi mudik Idul Fitri tahun 2017 dan sebagai kelanjutan kegiatan Pekan Pancasila yang dirayakan 29 Mei sampai dengan 4 Juni lalu, Pemerintah menetapkan tema besar mudik nasional yaitu 'Mudik Bareng Guyub Rukun'. (one)