Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 19 Juni 2017 | 10:24 WIB
  • Berselancar Tanpa Batas dengan Jaringan Telkomsel 4G LTE

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Berselancar Tanpa Batas dengan Jaringan Telkomsel 4G LTE
Photo :
Source - paketinetmurah

VIVA.co.id – Telkomsel merupakan industri seluler nomor satu di Indonesia yang berhasil menarik lebih dari 100 juta pelanggan di setiap negara. Operator ini selalu menjadi pelopor inovasi teknologi internet. Terbukti, pada 2002, Telkomsel mengeluarkan data mobile berbasis GPRS pertama di Indonesia. Setelah itu, menghadirkan jaringan 3G di tahun 2006. Memasuki 2014, Telkomsel terus mengembangkan konektivitasnya melalui 4G.

Ada dua jenis 4G yang dikembangkan, yaitu WiMAX dan Long Term Evolution (LTE). Mulanya, 4G LTE hanya tersedia di kota besar. Lambat laun, Telkomsel mulai melebarkan sayap 4G LTE hingga ke kota-kota kecil. Teknologi ini dirasa mampu menggantikan internet Telkomsel 3G yang telah diterapkan ke Wi-Fi Mobile Seamless. Adanya jaringan pita lebar ultra memungkinkan koneksi internet diakses lebih cepat.

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Source - detikgadget
Bagi pengguna internet, koneksi yang cepat dan aman, sangat dibutuhkan. Saat ini, kuota 4G LTE telah ditambahkan dalam setiap pembelian kartu Telkomsel. Namun, permasalahannya kuota ini seringkali masih utuh. Sementara itu, kuota 3G terpakai secara maksimal. Lalu, apa penyebabnya?

Pertama, kemungkinan smartphone Anda belum mendukung jaringan 4G. Untuk mengatasinya, segera ubah pengaturan di menu ‘Tipe jaringan prioritas’ menjadi ‘Prioritas LTE’. Jika cara ini belum berhasil, masuk ke menu ‘Pengaturan’. Kemudian, pilih ‘Jaringan seluler’. Selanjutnya masuk ke opsi ‘Modus jaringan’. Nah, di bagian ini, Anda harus memilih ‘LTE/WCDMA/GSM’.

Penyebab kedua adalah sekitar tempat tinggal belum terjangkau jaringan 4G Telkomsel. Solusinya, Anda mesti mendatangi kawasan yang sudah dikover 4G atau berkunjung ke GraPARI Telkomsel untuk menanyakan permasalahan tersebut. Kalau cara kedua tak berhasil,  berarti kartu SIM harus didaftarkan ke 4G LTE.

Kini, tidak perlu ke GraPARI untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE. Anda cukup mendapatkan PIN dari kartu SIM lama. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.    Isi ponsel dengan kuota sebelum memulai upgrade. Supaya lebih praktis dan murah, Anda bisa membeli paket internet Telkomsel di situs Traveloka.
2.    Tahap berikutnya, ketik *888*46# di layar ponsel, lalu pilih “Dapat Token/PIN”.
3.    Selanjutnya, masukkan nomor Kartu Upgrade 4G Telkomsel. Setelah muncul “Ya”, berikan persetujuan.
4.    Jika langkah ketiga sudah selesai, Anda akan menerima pesan dari Telkomsel berupa konfirmasi kartu sedang diproses. Tunggu beberapa menit hingga menerima konfirmasi upgrade berhasil.

Keunggulan Memakai 4G LTE

Source - kangmasdyan07
Kemudahan migrasi jaringan yang ditawarkan Telkomsel membuat penggunanya segera beralih dari 3G ke 4G LTE. Bahkan, jumlah pemakai di Jambi menembus angka 5.000 dan Banten 800 ribuan orang. Soal kecepatan koneksinya, tidak perlu khawatir melambat karena bertambahnya pengguna. Justru, bandwidth akan meningkat seiring dengan itu.

Frekuensi 4G LTE Telkomsel mencapai 900MHz dengan kecepatan data 36Mbps. Ada pun pitanya memiliki ukuran 5MHz sehingga menghasilkan koneksi super cepat. Khusus pelanggan paket internet Telkomsel, tersedia layanan ‘MyTelkomsel’ sehingga tidak perlu mengeluarkan tarif tambahan.

Kejutan menarik lainnya berupa cashback, bonus, dan akses film Disney tanpa batas di Moovigo. Selain itu, Telkomsel menyediakan bundling perangkat yang menunjang koneksi 4G LTE. Fasilitas ini dikemas dalam Telkomsel Android United (TAU). Untuk menyukseskan program tersebut, Telkomsel menggaet beberapa produsen ponsel ternama, antara lain Huawei, Samsung, LG, Sony, Acer, Lenovo, dan Advan. Dengan program TAU, pelanggan setia 4G Telkomsel dapat menggunakan paket data 4,5GB senilai Rp30.000 serta gratis layanan BBM, Whatsapp, dan Line.

Berbagai Pilihan Paket Internet
Telkomsel memiliki empat jenis kartu perdana, yaitu kartuHalo, simPATI, kartu As, dan Loop. Setiap kartu menyediakan beragam paket internet. Khusus pengguna 4G LTE, bisa memakai Paket Flash yang terdiri dari kuota 2GB, 4,5GB, 6GB, 8GB, 12GB, hingga 14GB. Harganya mulai dari Rp65.000 sampai Rp800.000 dengan masa aktif bervariasi. Anda tidak perlu repot ke konter untuk membelinya, karena tersedia layanan pulsa online, seperti di Traveloka.

Jika Anda pengguna kartuHalo, bisa memilih paket Halo Fit 4G LTE sebesar 4GB. Harga paket ini Rp150.000 dengan bonus SMS dan telepon. Sementara pemakai kartu simPATI dapat membeli paket LTE seharga Rp99.000 yang berisi kuota 8GB. Paket ini berlaku selama satu bulan.

Sebagai perusahaan telekomunikasi nomor satu di Indonesia, Telkomsel terus bergerak hingga ke pelosok nusantara. Tahun 2018 mendatang, Telkomsel menargetkan jaringan 4G LTE memasuki kawasan pedalaman Sumatera Utara. Bahkan, di tahun depan, akan menghadirkan frekuensi 700MHz Merdeka untuk jaringan 4G. Meskipun prosesnya tidak mudah, perusahaan seluler ini meyakini bisa selesai di akhir tahun 2017.