Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 19 Juni 2017 | 10:45 WIB
  • Tol Fungsional Gringsing Belum Diminati Pemudik

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Tol Fungsional Gringsing Belum Diminati Pemudik
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Pintu keluar Tol Gringsing di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada enam hari sebelum Lebaran, Senin, 19 Juni 2017.

VIVA.co.id - Jalan tol fungsional Brebes-Gringsing di Jawa Tengah masih lengang hingga enam hari sebelum Lebaran Idul Fitri (H-6) pada Senin, 19 Juni 2017.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, sejak pukul 09.00 WIB, ruas tol fungsional yang dibuka perdana pada Minggu itu telah siap dilalui pemudik. Fasilitas tol, seperti tempat beristirahat (rest area), dan aparat sudah disiagakan sejak kemarin.

Pintu keluar Tol Gringsing menjadi pintu terakhir ruas tol sepanjang 110 kilometer itu. Di kawasan itu, kendaraan roda empat memang telah banyak melintas tetapi belum padat. Kendaraan didominasi berasal dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. 

"Memang dari kemarin masih sepi. Banyak pemudik yang memilih jalur pantura (pantai utara Jawa Tengah) daripada tol fungsional. Mungkin karena masih baru dibuka," kata Irawan, seorang petugas Basarnas yang bersiaga di pintu keluar Tol Gringsing.

Di sekitar pintu keluar, digelar simulasi penyelamatan pemudik oleh Basarnas. Simulasi di wilayah tol Brebes-Gringsing dihadiri Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi.

Simulasi diikuti puluhan personel SAR yang berupaya menggotong tubuh rekan-rekannya untuk ditandu kemudian dievakuasi menggunakan helikopter Dolphin. Simulasi penyelamatan melibatkan tim rescue wanita yang bertugas menangani pengadaan logistik medis serta membantu menyebarkan informasi tentang pengamanan para pemudik. (mus)

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.