Mudik Gratis Kementerian BUMN Pecahkan Rekor Dunia

Menteri BUMN Rini Sumarno melepas peserta mudik gratis di TMII
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Acara mudik bareng bertema 'Mudik Bareng Guyub Rukun 2017' yang diadakan oleh Kementerian BUMN RI dan PT Jasa Raharja, tercatat dalam buku rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Rekor Dunia. Tak tanggung-tanggung, acara mudik bareng tersebut menyabet dua rekor sekaligus.

INFOGRAFIK: Extraordinary Mudik Gratis Naik Kapal Perang

Rekor pertama yakni diberikan kepada Kementerian BUMN RI  dengan rekor Mudik Gratis Menggunakan Moda Transportasi dan Peserta Terbanyak. Sementara Rekor kedua diberikan kepada PT Jasa Raharja dengan catatan Rekor BUMN yang melaksanakan Mudik Gratis Terlama dan Berkesinambungan.

Piagam Rekor Muri tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua MURI Jaya Suprana. Untuk piagam rekor pertama secara langsung diterima oleh Menteri BUMN Rini Sumarno dan untuk piagam rekor kedua diterima oleh Dirut PT Jasa Raharja Budi Setyarso.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

"Rekor ini terus meningkat dari sebelumnya. Sehingga saat ini warga yang dibantu oleh kementerian BUMN jumlahnya melebihi 100 ribu dan ini juga jadi rekor dunia," kata Jaya Suprana saat menyerahkan penghargaan tersebut

Menerima penghargaan tersebut, Rini terlihat antusias. Ia mengucapkan terimakasih atas penghargaan tersebut. Ia berharap agar ke depannya dapat terus melakukan yang terbaik dan dapat terus meningkatkan jumlah peserta mudik dan memberikan pelayanan yang terbaik.

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

"Terimakasih, mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi," ujarnya

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Sumarno resmi melepas rombongan mudik bareng gratis yang bertema 'Mudik Bareng Guyub Rukun 2017' di Halaman Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah Senin 19 Juni 2017.

Ada 471 Bus yang dikerahkan untuk mengangkut para pemudik. Bus-bus ini akan menuju ke 84 kota yang berada di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pelepasan rombongan mudik bareng ini dilakukan pada pukul 08.57 WIB.

Mudik gratis Kementerian BUMN

Menteri Rini Sumarno didampingi oleh Dirut Jasa Raharja, Budi Setyarso, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dan Dirjen Hubdar Puji Hartanto Iskandar, beserta jajaran pejabat lainnya melakukan pelepasan dengan memukul bedug sebagai tanda mulainya mudik bareng yang diselenggarakan BUMN.

Dalam pelepasan Mudik Bareng Guyub Rukun 2017 ini, Menteri BUMN Rini Sumarno mengatakan, terdapat sebanyak 118.220 orang menjadi peserta. Mereka akan diangkut oleh empat moda transportasi seperti Bus, Kereta Api, Kapal Laut dan Pesawat Udara.

"Untuk Pesawat kita berikan bagi TKI di luar negeri yang ingin mudik gratis seperti TKI dari Hongkong yg ingin mudik ke Tanah Air," kata Rini usai pelepasan mudik bareng di TMII, Senin 19 Juni 2017.

Rini mengatakan, Mudik Bareng Guyub Rukun ini terlaksana dengan melibatkan 28 BUMN. Atas raihan tersebut, dalam mudik bareng tahun ini, menurut Rini terjadi peningkatan penumpang sebanyak 29 persen.

"Jadi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Direktur Utama BUMN yang turut serta sehingga bisa sukseskan Mudik Bareng Guyub Rukun dan bisa berjalan dengan lancar," ujar Rini.

Selain itu, Rini juga mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait seperti Badan Ekonomi Kreatif dan juga kepada Kementerian Perhubungan yang telah berpartisipasi dalam Mudik Bareng ini.

"Terimakasih juga khususnya kepada Pak Dirjen Hubdar, dalan acara ini, ada 471 bus, dan semuanya sudah aman karena sudah dilakukan Ramp Chek, semoga perjalan lebih aman dan selamat sampai tujuan.” (mus)

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya