Tol Baru Jatim Belum Tersambung, Ini Rekayasa Lalin Mudik

Peta jalur mudik Lebaran tahun 2017 lewat jalan tol di Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Jalan tol baru Surabaya-Surakarta, belum sepenuhnya bisa difungsikan untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2017. Masih ada landasan jalan yang terputus, atau belum tersambung.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Bahkan, dari Kertosono hingga Ngawi, belum bisa difungsikan karena belum rampung pengerjaannya.

Tol baru Surabaya-Surakarta membentang dari Waru di Surabaya, Jawa Timur, hingga Ngasem di Surakarta, Jawa Tengah.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Tol itu baru bisa difungsikan untuk mudik-balik Lebaran dari Waru hingga Bandar di Kertosono, Nganjuk. Sementara itu, dari Bandar hingga Widodaren di Ngawi belum siap dilalui.

Bersama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, resmi membuka tol fungsional tol baru Waru-Krian. Tol itu baru bisa dilalui satu jalur, menyambung ke pintu tol Krian-Mojokerto, yang sudah beroperasi sejak setahun lalu.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Rapat rekayasa lalu lintas tol baru untuk arus mudik-balik Lebaran di Polda Jatim, Surabaya, pada Senin, 19 Juni 2017. (VIVA.co.id/Nur Faishal)

Di hari yang sama, pejabat Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim bersama PT Jasa Marga Tbk, menggelar rapat tentang rekayasa lalu lintas mudik-balik Lebaran setelah difungsikannya tol baru itu. Karena ada jalan alternatif baru, tentu saja arus mudik dan balik tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Direktur Ditlantas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Ibnu Isticha, menjelaskan dua kategori penggunaan tol baru saat mudik dan balik Lebaran nanti, yakni tol fungsional dan operasional. Waru-Krian masuk kategori tol fungsional dan hanya satu jalur yang bisa dilalui.

"Dari Waru ke Krian, dibuka dari pukul 06.00 sampai 17.00. Untuk arus mudik, hanya dibuka dari Surabaya menuju krian mulai hari ini sampai H-1. Pada H+2 sampai H+7 dari arah sebaliknya, dari Krian ke Surabaya," kata Ibnu, saat rapat.

Dari Krian menuju Mojokerto, pengendara bisa melaluinya secara sempurna 24 jam dari dua arah berlawanan karena memang sudah dioperasikan sejak tahun lalu. Sementara itu, dari Mojokerto sampai Jombang Ploso masuk kategori tol fungsional dan rekayasa lalu lintasnya diberlakukan sama dengan Surabaya-Krian.

"Jombang Ploso sampai Jombang Bandar sudah tol operasional," ujar Ibnu.

Dari Bandar menuju Kertosono, tol kembali berfungsi sebagai jalur darurat untuk mengurai kemacetan di perempatan Mengkreng, perbatasan Jombang-Nganjuk-Kediri.

"Kertosono (Nganjuk)-Wilangan (Madiun) belum difungsikan, karena masih dalam tahap pengolahan tanah," tandas Ibnu. Begitu juga dari Wilangan menuju Purworejo (Ngawi) dan Purworejo-Widodaren juga diputuskan tidak digunakan kendati satu jalur sudah terhampar.

Ibnu mengatakan, dari tol Wilangan-Purworejo diputuskan tidak dipakai karena fasilitas di sepanjang jalur itu belum tersedia. Tingkat risiko keamanannya bagi pengendara tinggi. "Kami tidak ingin mengambil risiko jika dipaksakan difungsikan," katanya. (asp)

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya