Kapolri Segera Kirim Tim Periksa Novel Baswedan di Singapura

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan mengirimkan anggotanya ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan.

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengonfirmasi seputar adanya dugaan keterlibatan petinggi Polri dalam kasus teror penyiraman air keras, seperti yang disebutkan Novel Baswedan kepada media internasional.

"Kami ingin pemeriksaan secepat mungkin supaya isu ini bisa diklarifikasi," kata Tito di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 19 Juni 2017.

Novel Baswedan Minta Firli Bahuri Segera Ditahan setelah Praperadilan Ditolak

Namun, Tito tak merincikan kapan rencana menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap Novel di Singapura. Menurut Tito, jajarannya masih harus menunggu kesiapan Novel untuk dilakukan pemeriksaan.

"Pemeriksaan tergantung kesiapan Novel dan dari KPK, kami koordinasi sama ketua KPK. Nanti kalau Novel sudah siap dari kesehatan terutama," kata Tito.

Novel Baswedan Heran Alex Marwata Hadir Jadi Saksi Praperadilan Firli Bahuri

Sebelumnya, penyidik KPK Novel Baswedan, mengungkapkan keheranannya terhadap proses penyelidikan kasus penyiraman air keras yang menimpanya. Sudah dua bulan berlalu, namun ia mempertanyakan polisi yang belum menemukan titik terang. Hal itu disampaikan Novel saat diwawancarai oleh media internasional time.com.

Novel menyebutkan, pihaknya mendapat informasi seorang jenderal Kepolisian diduga ikut terlibat dalam kasus tersebut. (mus)

Novel Baswedan, Sarasehan Budaya Dua Tahun Novel

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

Dewas KPK menjatuhkan sanksi pelanggaran kode etik berat terhadap Firli Bahuri, yakni diminta mengundurkan diri dari pimpinan KPK

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023