TNI AL Amankan Kapal Pemudik Pengangkut 96 TKI Ilegal

Ilustrasi TKI Ilegal.
Sumber :

VIVA.co.id – Aparat TNI Angkatan Laut mengamankan kapal motor pengangkut 96 orang Tenaga Kerja Indonesia ilegal di Perairan Sungai Silo Kabupate,n Asahan, Sumatera Utara, Minggu, 18 Juni 2017. Kapal tersebut berasal dari Malaysia.

Kapal Perang TNI AL Selamatkan Nyawa Nelayan Hanyut di Perairan Natuna

Penangkapan tersebut dilakukan saat melakukan patroli rutin dan mendapatkan informasi di lapangan. 

"Kapal motor yang diamankan, terdiri 73 orang laki-laki, 20 orang perempuan dan tiga orang balita," ungkap Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari, Senin, 19 Juni 2017.

Kasus Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam, 8 Tersangka Ditangkap

Saat diamankan, Bagus menjelaskan tidak ditemukan barang terlarang ikut bersama 96 TKI ilegal itu. Misalnya narkoba seperti sabu-sabu atau barang ilegal lain dari Malaysia.

"Hasil pemeriksaan terhadap kapal,  ABK (Anak Buah Kapal), penumpang dan barang bawaan tidak ditemukan barang terlarang," tutur Bagus.

Kapal Perang TNI AL Temukan Mayat PMI Ilegal di Perairan Kuala Tanjung

Selain mengamankan penumpang, petugas TNI AL juga mengamankan nakhoda dan anak buah kapal. Sementara itu, kapal dan seluruh 96 TKI Ilegal itu, diboyong ke dermaga TNI AL di Kota Tanjung Balai untuk proses penyidikan selanjutnya.

"Selanjutnya untuk TKI ilegal akan diserahkan ke Imigrasi Tanjung Balai. Sedangkan untuk nakhoda kapal akan diproses," kata Bagus. (one)

VIVA Militer: KRI RE Martadinata-331 bertolak ke India

TNI AL Kirim Kapal Perang Latihan Bareng Inggris dan Amerika di India

KRI RE Martadinata-331 bersama prajurit TNI AL sudah bertolak dari Batam

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022