Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 08:40 WIB
  • Kabur dari Lapas, Mobil Komplotan Napi Tabrak Rumah Warga

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Putra Nasution (Medan)
Kabur dari Lapas, Mobil Komplotan Napi Tabrak Rumah Warga
Photo :
  • REUTERS/Jose Cabezas
Ilustrasi penjara

VIVA.co.id – Peristiwa narapidana kabur dari lapas, kembali terjadi. Kali ini, dua narapidana di Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan, berhasil melarikan diri, usai sahur, sekitar pukul 05.30 WIB.

Pelarian dua napi itu dibantu empat orang rekannya yang sudah menunggu di luar lapas tersebut. Kaburnya dua napi ini dilakukan usai sahur dan menggunakan satu unit mobil Toyota Avanza BL 935 AZ.

Keempat orang rekannya, diduga sudah menunggu di balik tembok besar Lapas. Setelah berhasil kedua napi meloncat tembok besar itu, mereka melarikan diri menggunakan mobil tersebut.

"Iya benar, ada dua napi mencoba melarikan diri. Saya belum dapat datanya secara detail identitas warga binaan itu dan empat orang rekannya," kata Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting kepada VIVA.co.id, Selasa pagi, 20 Juni 2017.

Aksi pelarian itu, dipergoki oleh warga sekitar di jalan Lembaga Pemasyarakatan, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara. Diduga panik, karena aksi pelariannya diketahui warga sekitar, rekan napi yang menjadi supir karena buru-buru, akhirnya menabrak tiga rumah warga sekitar.

Akibatnya, enam orang di dalam mobil itu terluka dan keadaannya kritis. Atas kejadian itu, warga langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak Kepolisian. Kemudian, seluruh korban dilarikan rumah sakit Bhayangkara Medan.

"Saat ini, kita masih melakukan kordinasi dengan pihak Kepolisian atas kejadian dua warga binaan yang melarikan diri dan dibantu oleh rekannya," tutur Josua. (asp)