Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 21 Juni 2017 | 00:00 WIB
  • Ketua DPR RI Tinjau Kesiapan Brexit Sambut Mudik Lebaran

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Ketua DPR RI Tinjau Kesiapan Brexit Sambut Mudik Lebaran
Photo :
Ketua DPR RI Setya Novanto

VIVA.co.id – Untuk memastikan arus balik lalu lintas pada lebaran tahun 2017 ini berjalan lancar, Ketua DPR Setya Novanto meninjau kesiapan dan kondisi lalu lintas di gerbang tol keluar Brebes Timur atau yang dikenal dengan nama Brexit.

“Insya Allah, dengan manajemen yang semakin bagus, insiden penumpukan kendaraan di Brexit yang terjadi tahun lalu bisa dihindari. Adanya flyover yang selesai dibangun mengarah ke Kabupaten Purwokerto bisa mengurangi beban Brexit. Saya minta kepolisian juga terus siaga membantu memperlancar arus kendaraan dan meminimalisir kemacetan,” kata Politisi F-Golkar saat meninjau gerbang tol Brexit di Brebes, Senin 19 Juni 2017.

Seiring meningkatnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah, Novanto sapaan akrabnya, menyaksikan sendiri secara langsung kondisi jalan di jalur Kabupaten Tegal, Brebes, Cirebon, dan sebaliknya yang semakin membaik. Ini tentu memudahkan arus kendaraan para pemudik.

Ketua DPR RI Setya Novanto

Dari hasil pantauan arus lalu lintas di Tol Brexit ini, kendaraan yang melintas masih berjalan normal. Belum terlihat adanya kepadatan dari pemudik. Diprediksi kepadatan terjadi pada H-3 Lebaran.

Novanto juga mengimbau, agar para pemudik berhati-hati, karena jalan tol ini masih berupa cor beton dan belum diaspal, “Saya harap para pemudik meningkatkan kewaspadaan dalam mengemudi. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas IPDA Zaenudin memaparkan, jika terjadi kepadatan maka akan dibuat menjadi empat jalur di Gerbang Tol Brebes Timur. “Kalau nanti dua jalur tidak mampu menampung, kita akan buka menjadi empat jalur. Jadi Brexit satu arah dan Brebes Barat satu arah. Jika Brexit agak padat, langsung diarahkan ke Pantura,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan membuat rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan dengan mengarahkan para pemudik keluar tol Ujungrusi, Balamoa, dan Warureja yang terletak di Kabupaten Tegal. Sedangkan, untuk sarana dan prasarana di exit tol Brebes ini sudah ada penambahan rest area dan mobil derek.  (webtorial)