Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 17:44 WIB
  • Gratis, Bus Antar Pemudik dari Pelabuhan Semarang ke Kampung

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Gratis, Bus Antar Pemudik dari Pelabuhan Semarang ke Kampung
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di meninjau kesiapan fasilitas untuk arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa, 20 Juni 2017.

VIVA.co.id - PT Pelindo III menyiapkan fasilitas bus gratis bagi pemudik yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Bus gratis itu akan menjadi transportasi lanjutan pemudik ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menurut General Manager Pelindo III, Agus Hermawan, layanan bus gratis itu telah berjalan selama sepuluh hari terakhir untuk memudahkan pemudik menuju kampung halamannya. Beberapa kota tujuan bus gratis itu, antara lain, Yogyakarta, Wonosobo, Pemalang, Pati, dan sejumlah daerah lain di Jawa Tengah. 

"Harapannya bus gratis ini akan menjadi transportasi lanjutan untuk memudahkan pemudik yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Kita sudah siapkan sejak H-15 (lima belas hari sebelum Lebaran) kemarin," kata Agus ditemui di Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa, 20 Juni 2017.

Agus memprediksi, jumlah pemudik yang melewati Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini mencapai 55.000 orang. Jumlah itu meningkat lima persen dari tahun sebelumnya.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Semarang diperkirakan pada Jumat, 23 Juni 2017 atau dua hari sebelum Idul Fitri. Dia optimistis pelayanan dan fasilitas yang diberikan Pelindo III berjalan maksimal untuk pemudik motor hingga penumpang biasa.

"Ini ramai (penumpang), kedatangan dari Sampit, Kutai, Pontianak, Ketapang. Kebanyakan dari Kalimantan. Kalau yang sepeda motor kebanyakan dari Jakarta," katanya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengapresiasi kesiapan pengelola Pelabuhan Tanjung Emas menyambut momen mudik tahun ini. Kesiapan itu mulai dari pelayanan mudik hingga fasilitas pelabuhan yang cukup baik.

"Kita lihat tadi semuanya siaga termasuk fasilitasnya. Mulai toiletnya yang bagus dan bersih, ruang tunggunya juga ber-AC," ujar Hendrar saat meninjau langsung Pelabuhan Tanjung Emas. 

Wali Kota juga menjamin Pelabuhan Tanjung Emas bebas banjir rob selama mudik tahun ini. Hal itu setelah PT Pelindo III menyiagakan pompa dengan sistem polder banger.

"Dengan fasilitas yang dimiliki Pelindo, gimana caranya pelabuhan ini tidak ada rob, ternyata sudah memakai pompa. Ini yang menjadi komitmen pemerintah bisa melayani dengan baik. Mudah-mudahan lancar sampai Lebaran dan mereka balik lagi ke tempat kerja masing-masing," ujar pria yang akrab disapa Hendi itu. (mus)