Sudah 3 Mobil Terperosok di Tol Fungsional Brebes-Gringsing

Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Tiga kecelakaan terjadi pada Selasa, 20 Juni 2017. Kecelakaan pertama terjadi di tol fungsional ruas jalan wilayah Desa Sewaka, Kecamatan Pemalang. Kecelakaan menimpa sebuah mobil Honda Freed B 1335 SFW yang terperosok ke sebuah sungai yang dilewati tol. Beruntung satu orang pengemudi mobil selamat.

Kronologi Kecelakaan di Tol Semarang-Batang yang Tewaskan 7 Orang

Pada hari yang sama, mobil pemudik berjenis Outlander juga terperosok di tol fungsional tepatnya di KM 233 Petanjungan Pemalang. Meski tak menyebabkan korban jiwa, kejadian ini diakibatkan karena sopir mengantuk.

Pada Selasa malam sekira pukul 22.30 WIB, mobil pemudik kembali terperosok di tol fungsional tersebut. Sebuah mobil Toyota Rush bernopol B 1745 KRS terbalik di ruas STA 364-650, wilayah Candiareng, Warungasem, Batang. Dua orang mengalami luka-luka dan langsung di rawat di RSUD Kalisari Batang.

Kecelakaan Maut di Tol Batang, Mobil Hampir Hancur Bagai Tercabik

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang, Ajun Komisaris Polisi Muhammad Adiel Aristo, mobil tersebut dikemudikan oleh Budi Hamzah Sukardi, warga kampung Rawabebek, Kotabaru, Bekasi Barat. Rombongan diketahui hendak pulang kampung di Malang Jawa Timur.

"Diduga sopir mengantuk, karena dia istirahat terakhir di wilayah Cirebon," kata Adiel, Rabu, 21 Juni 2017.

Lebih Seperempat Juta Mobil Pemudik Melintas di Tol Kalikangkung

Akibat kejadian tersebut, pihaknya mengimbau agar pemudik terus waspada dan hati-hati melewati tol fungsional tersebut. Selain menjaga kecepatan maksimal 40 km/jam, pemudik juga harus menjaga kondisi badan. "Kalau pemudik mengantuk untuk istirahat terlebih dahulu," katanya.

Sementara Humas Humas PT Jasa Marga Semarang-Batang, Iwan Abrianto, mengingatkan, pemudik yang melintas di tol fungsional untuk tak ragu berhenti di rest area yang disiapkan pengelola tol.

Khusus di tuas tol yang dikelola PT Jasa Marga Semarang Batang sendiri sepanjang 36,5 kilometer dari Batang hingga Gringsing. Di sepanjang ruas tol tersebut juga telah dilengkapi empat rest area yakni  di KM 381, KM 391, KM 402 dan KM 409.

"Jika merasa lelah jangan ragu untuk beristirahat dan berhenti di rest area itu," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya