Ma'ruf Amin: 1 Syawal Momentum Hilangkan Saling Curiga

Konferensi Pers sidang Isbat Idul Fitri 1438 H.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh umat Islam memanfaatkan momentum 1 Syawal 1438 Hijriah ini untuk meningkatkan hubungan dengan Allah dan juga sesama manusia untuk saling mengasihi.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

"Selepas melaksanakan puasa Ramadan, kita memasuki 1 Syawal dan sebagai umat Islam, mari kita tingkatkan hubungan dengan Allah dari sebelumnya dan juga hubungan dengan manusia," kata Ma’ruf Amin di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2017.

Selain itu, Ma’ruf Amin meminta masyarakat membangun sikap saling mengasihi dan menyayangi serta meningkatkan lagi dalam rangka saling menolong dan saling membantu antar seluruh umat Islam.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Seperti bangunan yang saling menopang. Sebagai warga bangsa, 1 Syawal sebagai momentum mempersatukan bangsa, yang sebelumnya saling curiga mari kita jadikan 1 Syawal ini, kita jadi bangsa yang utuh dan bersatu dan jangan bercerai berai," ujar Ma’ruf Amin.

Kementerian Agama menetapkan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu, 25 Juni 2017. Penetapan ini menyesuaikan hasil sidang Isbat yang selesai digelar di Kementerian Agama. Usai sidang Isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan bahwa malam ini sudah memasuki 1 Syawal 1438 H dan bisa melaksanakan malam takbiran.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

"Alhamdulillah, peserta sidang Isbat sudah sepakat berhasil dan menetapkan malam ini memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah," kata Lukman Hakim Saifuddin, di kantor Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2017.

Lukman menjelaskan, sidang sudah mendengar laporan dari beberapa titik di seluruh Indonesia terkait posisi hilal. Menurut dia, laporan tersebut diketahui posisi hilal sudah berada di ketinggian dengan hisab 3,88 derajat serta elokasi jarak busur Bulan ke Matahari 5,06 derajat.

"Besok pagi kita sudah bisa menjalankan Salat Id," ujar Lukman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya