Ma'ruf Amin Imbau Khatib Salat Id Tak Timbulkan Kegaduhan

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Ma’ruf Amin berharap kepada seluruh khatib salat Idul Fitri 1438 Hijriah, menyampaikan khotbah yang sesuai dengan hakikat Idul Fitri. Khatib harus mengajak jemaah kepada kebaikan.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

"Ya harus, khatib itu kan harus mengajak kebaikan dan jangan menimbulkan kegaduhan. Jangan menimbulkan kebencian, saya kira itu bagian yang harus diimbaukan, diarahkan ke khatib kita," kata Ma’ruf usai Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1438 Hijriah, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Sabtu 24 Juni 2017.

Menurut Ma’ruf, sebagai khatib harus memiliki sifat yang lapang dada. Seorang khatib harus menjaga emosi dan mampu menguasai amarah, sehingga apa yang disampaikan bukanlah merupakan ujaran kebencian.

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

"Kalau masih belum bisa berlapang dada jangan jadi khatib lah, kalau masih punya rasa marah, dendam, jangan jadi khatib, jadi merusak suasana khotbah. Khatib itu dingin, pikirannya objektif, mengajak orang pada kebaikan, baru boleh jadi khatib," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengimbau agar khatib mengisi khotbah salat Id dapat menjelaskan hikmah Idul Fitri.

Untung Cahyono, Penceramah Salat Id yang Materinya Singgung Politik hingga Bikin Jemaah Bubar

"Bahwa hakikat Idul Fitri itu apa, lalu apa hikmahnya, dan apa tindak lanjut setelah kita selesaikan Ramadan, di mana kita berlatih diri, melakukan muhasabah, melakukan evaluasi diri. Setelah selesaikan itu semua, mulai Syawal dan bulan selanjutnya, apa yang akan kita lakukan sebagai seorang yang baik," ujarnya.

Sepenuhnya, lanjut Lukman, pemerintah sangat meyakini bahwa khatib-khatib telah memiliki kedewasaannya untuk menyampaikan isi dan cara penyampaian khotbah salat dengan penuh kesantunan, ukuran kepatutan, dan kepantasan.

"Dengan begitu, kita berharap Idul Fitri betul-betul terjaga kekhidmatannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya