Imam Al-Marzuqiyah: Beda Waktu Salat Id Tak Masalah

Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah di kawasan Cipinang Muara usai Salat Id.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Jemaah Masjid Al-Marzuqiyah di kawasan Cipinang Muara, menjalani Salat Id hari ini tanpa bersamaan umat Islam lain yang mengikuti penetapan pemerintah 1 Syawal 1348 Hijriah pada Minggu 25 Juni 2017.

Ternyata, Ada Non Muslim Ikut dalam Barisan Salat di Pesantren Al-Zaytun

Imam Salat Id Lukmanul Hakim mengatakan, perbedaan penentuan hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan jemaah Al-Marzuqiyah dianggap bukan jadi persoalan. Hal ini, karena sudah berlangsung sejak 10 tahun lalu dan berbedanya keyakinan dalam penentuan hilal. 

"Perbedaan di kalangan umat merupakan rahmat bukan perselisihan. Warga Cipinang Muara ini tak masalah, karena Ibadah tergantung keyakinan kita masing-masing," tutur Lukman, usai menjalani ibadah Salat Id, Senin 26 Juni 2017.

Heboh Cara Salat Idul Fitri di Mahad Al-Zaytun, Ini Penjelasannya

Menurut Lukman, penentuaan hari raya ini pun juga tidak selalu berbeda dengan yang ditetapkan pemerintah. Tiga tahun lalu, jemaahnya juga mengikuti perhitungan hilal bersamaan dengan pemerintah dan umat islam lain. 

"Bahwa standar hilal (kami) ukuran tujuh derajat. Di bawah itu mustahil rukyatul (hilal) itu standar kami," kata dia. 

Diduga Ancam Ingin Bunuh Warga Muhammadiyah, Peneliti BRIN Thomas Bakal Dipanggil Polri

Keputusan menjalani salat Id, lanjutnya, hanya berpegangan pada kitab Fadhlul Rohman, karangan Marzuki bin Mirsod. Di mana dijelaskan, penampakan hilal dapat terlihat dengan batas minimal ketinggian tujuh derajat. 

Sementara itu, warga Cipinang Muara, Jamal, tak mempersoalkan pelaksanaan ibadah Salat Id yang berbeda dengan pemerintah. Jamal, yang juga menjadi jemaah Al-Marzuqiyah itu merasa, warga sekitar pun tak risih, apabila masjidnya baru melaksanakan salat id. 

Bahkan, kata dia, halal bihalal di luar masjid tetap dilakukan seperti biasa dengan warga lain, tanpa harus melihat adanya perbedaan dalam soal keyakinan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya